Logo Jagobahasa

Home » blog

28 Tongue Twisters Bahasa Inggris untuk Latihan Pronunciation

Belajar pronunciation menggunakan tongue twisters

Menurut salah satu guru bahasa Inggris Native, kemudahan untuk pelafalan kata-kata dalam bahasa Inggris tergantung dengan seberapa mirip bahasa asal negara masing-masing. Sebagai contoh, orang Jerman lebih mudah belajar pelafalan daripada orang Jepang atau China. Namun, bukan berarti itu salah satu hal yang tidak mungkin, hanya saja, membutuhkan usaha lebih untuk dapat melafalkan bahasa Inggris dengan jelas dan baik, berlatih dan terus berlatih.

Banyak cara untuk melatih otot lidah kita untuk lebih familiar mengucapkan bahasa Inggris. Salah satunya tongue twisters English, kata-kata rumit yang akan melatih otot lidah kita. Membiasakan pelafalan dan melatih otot lidah kalian untuk menjadi lentur dengan mengucapkan kata-kata rumit yang sangat membantu.?

Simak Artikel ini untuk mengetahui Bagaimana belajar Pronunciation secara Otodidak dengan menggunaka Tongue Twister!

Apa Itu Tongue Twisters?

Bayak cara untuk melatih pelafalan/pronunciations kita, salah satu yang akan kita bahas disini adalah tongue twisters. Pengertian dari tongue twisters adalah rangkaian kata-kata dalam bahasa Inggris yang terdiri dari kata-kata yang pelafalannya hampir mirip dan di jejerkan bersama untuk melatih reflek kita dalam pelafalan kata-kata tersebut.

Tak hanya dipakai untuk belajar oleh orang non-native English speaker, tongue twisters juga kerap diucapkan sebagai alat untuk bersosialisasi, permainan antar teman dengan cara menantang teman kalian siapa yang bisa melafalkan tongue twister English dengan cepat. Bahkan, beberapa aktor menggunakannya ketika mereka butuh untuk berlatih aksen, dan mempersiapkan diri untuk sebuah karakter dalam film atau sinetron berbahasa Inggris.

Kami akan memberi kalian rahasia bagaimana cara menggunakan tongue twisters secara efektif untuk belajar Bahasa Inggris. Ini juga akan sangat membantu kalian dalam memperbaiki cara belajar kalian dan bonus kalian dapat belajar conversational speech.

Tongue-twister sering dipakai dalam permainan kata di English-speaking world, dan terkadang digunakan sebagai cara untuk menghibur anak-anak. Kata-kata ini akan membantu kalian belajar berbicara dan pelafalan bahasa Inggris untuk mempertajam per-intonasi-an kalian.

Manfaat Tongue Twisters untuk Melatih Pronunciation

Belajar bahasa Inggris memiliki tingkat kesulitan masing-masing, namun permasalahan yang sering orang-orang temui adalah bagaimana cara melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan pelafalan yang baik dan jelas. Oleh karena itu, tongue twisters English menjadi salah satu alat bantu untuk memperbaiki pelafalan kita.

Kumpulan kata yang berlafal sedikit berbeda namun memiliki suara yang hampir mirip, yang kemudian dilafalkan dengan cepat dan secara benar. Apakah manfaat kita belajar tongue twisters?

Tongue twisters mungkin akan terdengar lucu dan memiliki arti yang kacau tetapi, membantu dalam belajar pelafalan Anda. Metode ini juga bisa sebagai alat terapi berbicara untuk merangsang syaraf dan otot lidah agar dapat bergerak dengan baik dan membantu pembicara memperbaiki kualitas berbicaranya.

Selain itu, mempermudah kita dalam menghafal kata-kata, memperbaiki pengintonasian dan memperbaiki kelancaran kita dalam berbicara bahasa Inggris.

Bagaimana Cara Tongue Twisters Bekerja?

Tongue twister memiliki aturan bahwa, rangkaian kata-kata yang digunakan dalam kalimat tongue twister harus menggunakan kata-kata yang memiliki suara pelafalan yang mirip, disebut minimal pairs, yang berarti kata-kata yang memiliki suara yang sama tapi berbeda dalam arti seperti, /v dan /f dalam van dan fan, atau e/ dan I/ di desk dan disk.

Contoh kata tongue twister, “She sells seashells by the seashore,” kalimat tersebut terdiri dari 2 minimal pairs yaitu “she/sea,” dan “Sells/shells.” dalam kasusnya, kata-kata tersebut memiliki penyuaraan kata yang sama kecuali kata pertama. Itu penting karena untuk membantu kita memisahkan kata-kata yang bersuara serupa di Bahasa Inggris.

Kumpulan Tongue Twisters Bahasa Inggris yang Mudah

Sebagai pemula, kami merekomendasikan Anda berawal dari tongue twisters yang ringan dan pendek sebagai pemanasan sebelum kalian belajar ke tingkat yang lebih sulit. Ini adalah beberapa contoh dari tongue twisters pendek dan mudah.

  1. Red lorry, yellow lorry (Truk merah, truk kuning)
  2. Sheep should sleep in a shed (Domba seharusnya tidur di gudang)
  3. She sees cheese (Dia melihat keju)
  4. The blue bluebird blinks (Burung biru berkedip)
  5. Four fine fresh fish for you (Empat ikan segar yang bagus untukmu)
  6. He threw three balls (Dia melempar tiga bola)
  7. Cooks cook cupcakes quickly (Koki membuat cupcake dengan cepat)
  8. Zebras zig and zebras zag (Zebra zigzag)
  9. Greek grapes, greek grapes, greek grapes (Anggur Yunani, anggur Yunani, anggur Yunani)
  10. Lucky rabbits like to cause a ruckus (Kelinci beruntung suka membuat keonaran)
  11. A big black bear sat on a big black rug (Seekor beruang hitam besar duduk di atas karpet hitam besar)
  12. Rory’s lawn rake rarely takes really right (Rake taman Rory jarang benar-benar diambil)
  13. Kitty caught the kitchen in the kitchen (Kucing menangkap dapur di dalam dapur)
  14. We surely shall see the sunshine soon (Kita pasti akan melihat matahari segera)
  15. Six slimy snails slid slowly seaward (Enam siput licin meluncur perlahan ke arah laut)

Kumpulan Tongue Twisters Bahasa Inggris yang Cukup Sulit

The sixth sick sheik’s sixth sheep’s sick(Si penyakit keenam dari syekh sakitnya ke enam dari domba itu sakit.).

Kalimat tongue twister tersebut tercatat dalam Guinness World Records, sebagai tongue twister paling susah di dunia di tahun 1974, tahun terakhir organisasi tersebut mencatat hal tentang tongue twister, dan masih susah untuk dikatakan sampai saat ini.

Tongue twister sangatlah penting because penggabungan lebih dari satu kata akan membantu manusia belajar, dan menemukan serta mengatakan kata-kata tersebut sangatlah menyenangkan dan FUN!

Salah satu contohnya adalah tongue twister di tahun 1836, yang muncul dalam Peter Piper’s Practical Principal of Plain and perfect pronunciations.

  1. Peter Piper picked a peck of pickled peppers (Peter Piper memetik segenggam lada yang telah diasinkan)
  2. Did Peter Piper pick a peck of pickled peppers? (Apakah Peter Piper memetik segenggam lada yang telah diasinkan?)
  3. If Peter Piper picked a peck of pickled peppers, (Jika Peter Piper memetik segenggam lada yang telah diasinkan,)
  4. Where’s the peck of pickled peppers Peter Piper picked? (Mana segenggam lada yang telah diasinkan yang dipetik Peter Piper?)

Contoh dan list lainnya:

  1. Chop shops stock chops. (Toko potongan menyediakan potongan daging.)
  2. If a dog chews shoes, whose shoes does he choose? (Jika seekor anjing mengunyah sepatu, sepatu siapakah yang akan dipilihnya?)
  3. Pad kid poured curd-pulled cod. (Anak bocah menuangkan ikan kod yang ditarik dari dadih.)
  4. Seventy-seven benevolent elephants (Tujuh puluh tujuh gajah yang baik hati)
  5. A loyal warrior will rarely worry why we rule. (Seorang prajurit setia jarang akan khawatir mengapa kita memerintah.)
  6. A pessimistic pest exists amidst us. (Sebuah hama pesimis ada di antara kita.)
  7. How can a clam cram in a clean cream can? (Bagaimana kerang bisa masuk ke dalam kaleng krim yang bersih?)
  8. Which wristwatches are Swiss wristwatches (Jam tangan mana yang merupakan jam tangan Swiss)

Itulah salah satu cara untuk melatih kalian untuk menghasilkan dan memperbaiki pelafalan sehingga menjadi benar, baik dan jelas. Belajar tongue twister English tidak harus membuat kalian frustasi. Ini justru hal yang menyenangkan dan kalian bisa bermain dengan kata-kata ini bersama teman-teman Anda dan menentukan siapa yang memiliki kecakapan dalam pelafalan di antara kalian.

Janganlah takut untuk mempraktekkan pelafalan kalian karena pelafalan adalah hal penting untuk kalian berkomunikasi dengan orang yang English-speaking. Sering melakukan latihan dan membiasakan diri untuk terbiasa dengan bahasa Inggris adalah salah satu cara agar kalian bisa berkembang dan lancar berbicara dalam bahasa Inggris.

Kalau masih ragu yuk ikutan program belajar di Jagobahasa yang siap membantu proses bertumbuhmu.

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo