Logo Jagobahasa

Home » blog

5 Jenis dan Tips Kursus Bahasa Inggris untuk Karyawan

kursus bahasa Inggris untuk Karyawan

Kemampuan bahasa Inggris di lingkungan kerja menjadi salah satu skill penting yang perlu dimiliki apapun bidang pekerjaannya. Di Indonesia, bahasa Inggris sudah mulai banyak diterapkan untuk keperluan formal di dunia kerja modern saat ini, mulai dari penerbangan, pariwisata, pendidikan, hingga BUMN.

Oleh sebab itu, bagi para jobseeker maupun karyawan diharapkan mahir dalam berbahasa Inggris untuk kesuksesan karir dan meningkatkan pengetahuan (wawasan), baik dengan belajar secara otodidak, atau melalui kursus bahasa inggris untuk karyawan.

Kursus Bahasa Inggris untuk Karyawan

Adanya kursus bahasa Inggris untuk karyawan yang bisa diakses secara online menjadi solusi tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang semakin krusial. Belajar bahasa Inggris untuk karyawan ini berbeda dengan bahasa Inggris konvensional karena fokus pembelajaran yang lebih spesifik pada bidang pekerjaan tertentu.

Berikut ragam jenis program kursus bahasa Inggris online untuk karyawan:

English for Business

Bahasa Inggris untuk bisnis atau English for Business lebih fokus untuk keperluan formal perdagangan, finance, atau lainnya sesuai sektor bisnis yang perlu dikuasai. Kebanyakan dipelajari oleh penduduk dari negara yang bukan native speaker atau penutur bahasa Inggris untuk berbisnis dengan negara-negara yang berbahasa Inggris.

English for Business lebih spesifik kebutuhannya dengan penggunaan kosakata tertentu, kejelasan konteks, dan struktur bahasa formal yang rapi. Bahasa Inggris untuk bisnis memiliki karakteristik yang berbeda dari Bahasa Inggris umum.

Tujuan English for Business

Jika pada bahasa Inggris umum ditujukan untuk percakapan dasar, Bahasa Inggris untuk bisnis ditujukan untuk penggunaan yang lebih profesional. Kosakata dan grammar yang dipelajari lebih spesifik untuk keperluan dunia bisnis.

Fokus pembelajaran

Pada General English biasanya yang dipelajari adalah materi-materi yang sama untuk setiap orang. Namun English for Business dapat mempelajari materi yang secara khusus diperlukan untuk mendalami keahliannya masing-masing. Jadi, kursus bahasa Inggris online untuk karyawan lebih fokus ke teknis yang diperlukan dalam dunia bisnis.

Materi yang diajarkan

Sementara itu, untuk materi yang diajarkan pada program English for Business, di antaranya:

1. Penulisan bahasa Inggris yang jelas

English for Business juga mempelajari penulisan bahasa Inggris yang lebih jelas dan formal. Ini dibutuhkan karena dalam dunia bisnis tentu harus bisa menjelaskan sesuatu dengan konkret, singkat, dan jelas agar pesan yang disampaikan tidak multitafsir dan tidak bertele-tele.

2. Mempelajari kosakata yang singkat

Bagi pebisnis tentunya perlu memahami penggunaan kosakata yang lebih singkat dan padat sehingga bisa langsung pada tujuan. Tujuannya agar penyampaian informasi bisa lebih singkat dan tidak membuang-buang waktu lawan bicaranya.

3. Grammar yang ringkas dan efektif

Materi yang dipelajari dalam English for Business lebih banyak menggunakan grammar yang singkat. Ini diperlukan agar keperluan bisnis atau perusahaan dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

4. Terminologi yang berbeda

Dalam dunia bisnis atau profesi ada beberapa kosakata yang jarang digunakan dalam Bahasa Inggris Umum. Oleh sebab itu, pembelajaran English for Business dibuat lebih spesifik.

English for Aviation

Bekerja di dunia penerbangan memang dituntut untuk bisa berbahasa Inggris, baik tulis maupun lisan. Hal ini untuk menciptakan profesionalisme dan keamanan dalam menjalankan pekerjaan yang banyak menggunakan bahasa Inggris.

English for aviation dapat dipelajari melalui kursus Bahasa Inggris online untuk karyawan. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika menguasai English for aviation. Berikut beberapa manfaat English for Aviation.

1. Menjalankan tugas pilot

Jika Anda memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pilot pesawat komersial, bahasa Inggris adalah salah satu skill yang perlu dipersiapkan. Tugas seorang pilot pasti akan berhubungan dengan bahasa Inggris.

Mulai dari kontrol pesawat yang semuanya ditulis dalam bahasa Inggris hingga komunikasi pilot dengan petugas pengatur penerbangan yang menggunakan bahasa Inggris. Begitu juga untuk co-pilot yang membantu captain untuk menjalankan pesawat. Misalnya saat pilot mengalami gangguan mengoperasikan mesin pesawat, co-pilot mungkin harus membantu membaca petunjuk yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Kosakata English for aviation diberikan dengan khusus untuk kebutuhan dunia penerbangan karena dalam dunia penerbangan banyak sekali kosakata yang tidak digunakan dalam Bahasa Inggris sehari-hari. Beberapa kosakata yang dipakai dalam dunia penerbangan antara lain.

  • Take off
  • Turbulence
  • Stopover
  • Overhead bin
  • Captain
  • Call light
  • Cockpit
  • Dan lain-lain

2. Menangani penumpang asing

Bukan hanya pilot saja, crew pesawat juga perlu untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Misalnya ada penumpang asing yang ikut penerbangan, maka menjadi tugas pramugari atau pramugara untuk bisa berkomunikasi dengan penumpang tersebut ketika penumpang membutuhkan bantuan.

Jika penumpang tidak bisa bahasa Indonesia, maka komunikasinya lebih mudah menggunakan bahasa Inggris. Inilah yang menjadi alasan pentingnya untuk mempelajari English for aviation. Apalagi setiap penumpang mungkin memiliki aksen Bahasa Inggris yang unik yang harus dipahami oleh crew pesawat.

3. Komunikasi pegawai dengan calon penumpang

Kemampuan bahasa Inggris tidak hanya diperlukan oleh pegawai di lapangan saja. Pegawai yang bekerja di kantor atau di loket juga harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Pegawai harus bisa menangani kebutuhan calon penumpang termasuk mungkin ada penumpang asing yang komplain.

English for Tourism

Bahasa Inggris khusus untuk dunia pariwisata menjadi salah satu kemampuan yang kini banyak dicari. Penguasaan bahasa Inggris, baik secara pasif maupun aktif yang banyak dibutuhkan di dunia pariwisata modern.

English for tourism tersedia di kursus bahasa Inggris online untuk karyawan dengan spesialisasi pariwisata. Apa saja yang dipelajari di English for tourism? Tentu ada banyak, seperti beberapa materi berikut.

1. Bahasa Inggris perhotelan

Bahasa Inggris perhotelan banyak dibutuhkan terutama untuk hotel-hotel yang berada di kawasan wisata. Biasanya hotel bintang lima juga sudah menerapkan standar untuk karyawannya mampu berbahasa Inggris secara aktif. Terutama untuk karyawan yang berada di depan menangani customer secara langsung.

2. Bahasa Inggris restoran

Materi English for tourism juga bisa mempelajari kosakata-kosakata yang banyak digunakan di sektor ini. Beberapa restoran yang menggunakan chef asing tentu membutuhkan karyawan yang bisa bahasa Inggris agar bisa bekerja sama dengan lancar untuk menyajikan hidangan terbaik. Bahasa Inggris juga dibutuhkan untuk menangani pelanggan asing yang mampir ke restoran.

3. Bahasa Inggris seputar budaya dan tempat wisata

Mau tidak mau, seorang tour guide harus paham dengan budaya yang ada pada tempat atau daerah yang dikunjungi. Jika wisatawannya berasa dari luar negeri, maka tour guide harus bisa menjelaskan dalam bahasa Inggris. Apalagi untuk tempat pariwisatanya, tour guide harus lancar dalam memberikan informasi sejelas-jelasnya.

English for Cruise Ship

Kursus Bahasa Inggris online untuk karyawan memberikan materi sesuai dengan bidang profesi. Termasuk salah satunya di bidang pelayaran dengan English for Cruise Ship. Kapal pelayaran ini menyediakan perjalanan pelayaran ke seluruh dunia sehingga wajib untuk memiliki skill bahasa Inggris level profesional.

1. Apa saja yang dipelajari?

Materi pembelajaran untuk English for cruise ship sudah dibuat khusus untuk kebutuhan pelayaran. Pembelajaran yang diberikan meliputi:

  • Conversation, seperti cara menyapa, menanggapi pernyataan dalam bahasa Inggris, berkenalan, membuka percakapan, dan lain-lain.
  • Kosakata dan grammar, materi diberikan khusus yang berkaitan dengan dunia pelayaran.

2. Siapa saja yang membutuhkan English for cruise ship?

Semua pegawai yang ada di kapal pesiar atau cruise ship sebaiknya dibekali dengan skill Bahasa Inggris. Kemampuan untuk berbicara, menulis, atau mendengarkan dalam Bahasa Inggris bagi:

  • Penerima tamu
  • Bagian perawatan kapal
  • Dapur
  • Laundry
  • Dan lain-lain

English for BUMN

Persiapan yang matang dalam menghadapi tes bahasa Inggris BUMN adalah kunci untuk meraih kesuksesan dalam karir. Banyak orang mungkin meremehkan pentingnya persiapan, namun faktanya, tes bahasa Inggris BUMN memiliki tingkat kesulitan tersendiri yang perlu dipersiapkan dengan serius.

1. Keuntungan les persiapan Tes Bahasa Inggris BUMN

Mengikuti les persiapan tes bahasa Inggris BUMN dapat memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara menyeluruh. Dalam les ini, peserta akan diajak untuk berlatih mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris secara terstruktur.

Selain itu, peserta juga akan belajar mengenai format dan jenis soal yang sering muncul dalam tes BUMN. Hal ini akan membantu peserta untuk lebih siap dan percaya diri saat menghadapi tes sesungguhnya. Juga, les persiapan akan membantu peserta untuk meminimalisir rasa gugup yang seringkali muncul saat mengikuti tes penting seperti ini.

2. Persiapan yang efektif

Agar persiapan tes bahasa Inggris BUMN berjalan dengan baik, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama, peserta perlu menentukan target skor yang ingin dicapai. Hal ini akan membantu dalam membuat strategi belajar yang lebih terarah.

Selanjutnya, peserta perlu membuat jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Dengan begitu, waktu belajar dapat dimanfaatkan secara efektif. Tidak hanya itu, penggunaan sumber belajar yang berkualitas juga sangat penting. Peserta dapat memanfaatkan buku-buku, aplikasi, atau kursus online yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Teknik dan strategi belajar

Dalam les persiapan tes bahasa Inggris BUMN, peserta akan diajarkan berbagai teknik dan strategi belajar yang efektif. Salah satunya adalah dengan melakukan praktik mendengarkan dan berbicara. Dengan sering berlatih, peserta akan semakin terbiasa menggunakan bahasa Inggris secara lisan.

Selain itu, peserta juga perlu memperhatikan kemampuan membaca dengan pemahaman. Hal ini penting mengingat banyaknya soal tes yang berhubungan dengan membaca teks dalam bahasa Inggris. Selain itu, pengerjaan latihan soal secara rutin juga akan membantu peserta untuk familiar dengan jenis-jenis soal yang mungkin muncul dalam tes BUMN.

Itulah beberapa materi khusus yang ada di kursus bahasa Inggris untuk karyawan. Melalui kursus online tentu bisa menguntungkan karena tidak perlu berangkat ke kelas yang mengganggu jadwal pekerjaan. 

Kemampuan bahasa Inggris bagi karyawan itu sangat penting apalagi di era globalisasi seperti sekarang. Tak hanya pelatihan bahasa yang diadakan oleh balai, Anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online yang diadakan oleh Jagobahasa.

Jagobahasa memiliki program khusus, yaitu English Special for General Business, diperuntukkan karyawan yang bekerja di berbagai bidang dan ingin belajar bahasa Inggris secara fleksibel.

Melalui program ini, Anda akan mempelajari speaking, grammar, dan pronunciation yang menyesuaikan kemampuan bahasa Inggris dan kebutuhan Anda. 

Kuasai bahasa Inggris untuk mendukung pekerjaan Anda dengan kursus di Jagobahasa!

 

Are You Ready !
Taklukkan Soal Sussah jadi Mudah
dan Raih nilai seleksi maksimal dengan ENGLISH Test For BUMN

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo