Logo Jagobahasa

Arti Vocabulary dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Yuk! Kenali Arti Vocabulary dalam Bahasa Inggris di Sini!

Pada bahasa Inggris, kita tentu sudah akrab dengan yang namanya vocabulary. Mempelajari bahasa Inggris tentu juga akan senantiasa belajar Arti Vocabulary. Semakin banyak vocabulary yang Anda kuasai, maka perbendaharaan kata akan semakin banyak dan Anda semakin lancar berbahasa Inggris.

Pengertian Vocabulary

Lantas, apa itu vocabulary? Ya, arti vocabulary merupakan semua jenis kata seperti kata benda, kata sifat, hingga kata kerja yang digunakan dalam berbagai konteks kebahasaan. Semisal Anda menemukan kata-kata yang kurang dipahami, maka tandanya vocabulary Anda masih dinilai kurang.

1. Vocabulary adalah semua kata dalam suatu bahasa

Sejatinya, vocabulary tidak hanya berkaitan dengan berbagai semua kata yang ada pada kamus, meskipun ada beberapa kosakata baru yang secara otomatis masuk dan ditambahkan dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, jika Anda menemukan suatu kata baru namun belum mengerti artinya, maka Anda dapat mencarinya melalui sebuah kamus.

2. Vocabulary merupakan semua kata dalam sebuah konteks

Selain itu, vocabulary juga dapat digunakan untuk menunjukkan suatu konteks. Dengan kata lain, vocabulary dapat digunakan pada kalimat-kalimat yang menunjukkan suatu arti dan konteks tertentu.

Sebagai contoh pada kalimat “My brother is a doctor, so he has an extraordinary medical vocabulary”. Konteks “medical vocabulary” pada kalimat tersebut menandakan kosakata yang berkaitan dengan medis karena saudara laki-lakinya merupakan seorang dokter.

Vocabulary menjadi sangat penting ketika mempelajari bahasa Inggris. Hal ini karena vocabulary merupakan hal utama dalam proses komunikasi. Dibandingkan Anda harus menggunakan bahasa tubuh saat berkomunikasi dengan orang asing, ada baiknya jika Anda senantiasa mengembangkan vocabulary Anda.

Selain itu, arti vocabulary juga sangat penting ketika Anda ingin melanjutkan pendidikan di mana Anda biasanya akan diminta untuk melakukan tes kecakapan bahasa Inggris. Tanpa adanya vocabulary yang banyak, tentu Anda tidak dapat memahami kosakata apa yang digunakan dalam tes tersebut.

Jenis-Jenis Vocabulary

Dalam bahasa Inggris, ada ribuan bahkan jutaan vocabulary yang harus Anda ketahui. Kendati demikian, semua kosakata tersebut terbagi menjadi 6 jenis vocabulary yang sama-sama berhubungan dalam part of speech. Adapun jenis yang dimaksud yakni sebagai berikut.

1. Word classes

Word classes adalah suatu bahasa yang digunakan dan berhubungan dengan morfologi (ilmu yang berkaitan dengan bentuk dan pembentukan kata). Kata-kata yang seringkali disebut sebagai part of speech ini dapat berbentuk kata benda, kata kerja, kata ganti, keterangan, kata sifat, preposisi, hingga konjungsi atau kata sambung.

2. Word formation

Word formation adalah jenis formasi pembentukan kata pada bahasa Inggris di mana kata-kata tersebut merupakan kata gabungan. Adapun gabungan yang dimaksud terjadi secara compounding, blending, clipping, abbreviation, dan sebagainya yang tentu saja berhubungan dengan arti vocabulary tersendiri.

Jika sebagai compounding, yakni menggabungkan dua kata yang memiliki arti sendiri-sendiri namun bisa menjadi kata baru ketika digabungkan. Misalnya kata “break” yang berarti istirahat dan “fast” yang berarti cepat, jika digabungkan menjadi “breakfast” yang artinya sarapan.

3. Word families

Word families adalah kata-kata yang menjelaskan konsep imbuhan. Kata tersebut dipakai untuk membuat suatu kalimat yang dapat mengubah arti kata dasar sehingga makna dan penggunaannya bisa saja berbeda. Dengan menguasai word families ini, maka kita dapat menguasai banyak kosakata sekaligus.

Sebagai contoh pada kata dasar “work” yang dapat ditambah imbuhan menjadi “working” (bekerja), “worker” (pekerja), “workday” (hari kerja), “rework” (mengoreksi), “workshop” (pelatihan), dan sebagainya.

4. Multi-Word Units

Multi-Word units adalah jenis dari kosakata bahasa Inggris yang mempunyai bentuk sebagai frasa kerja ataupun sebagai idiom. Adapun contohnya seperti “look for”, “look after”, “put off”, dan sebagainya. Meski demikian, Anda tidak dapat mengartikan kata tersebut satu per satu sebagai kata yang berbeda karena dua kata tersebut memiliki satu makna.

5. Homonyms, homophone, dan homograph

Terdapat jenis Arti Vocabulary yang merupakan homonim di mana kata tersebut memiliki lafal dan ejaan yang sama, namun maknanya berbeda. Dalam bahasa Indonesia, ada kata “bulan” yang dapat berarti kalender dan satelit bumi. Sementara contohnya pada bahasa Inggris, seperti “blue” yang dapat berarti warna biru maupun perasaan sedih.

Selain itu, terdapat homophone yang merupakan suatu kata dengan pelafalan yang sama namun dengan tulisan dan arti yang berbeda. Sebagai contoh, pada kata “sell” yang berarti menjual yang pelafalannya sama dengan “cell” yang berarti sel atau penjara.

Ada juga jenis vocab homograf yang merupakan kata atau tulisan yang sama namun lafal dan maknanya berbeda. Sebagai contoh pada kata “wind” yang jika diucapkan “win” berarti angin dan jika diucapkan “wain” pada kata “wind up o’clock” yang berarti berakhir pada jam.

6. Collocations

Dalam bahasa Inggris, collocation merupakan dua atau lebih kata yang sering diletakkan secara bersandingan. Gabungan kata-kata ini biasa membentuk frasa yang umum dipakai bahkan menjadi terdengar lebih natural. Kombinasi ini juga lebih mudah dimengerti karena kata-kata tersebut sudah sering dipakai untuk mengekspresikan makna tertentu.

Terdapat berbagai macam collocation yang dapat dilihat dari kombinasi verb (kata kerja), adjective (kata sifat), noun (kata benda), adverb (kata keterangan), hingga preposition (preposisi). Sebagai contoh kata “cup of tea” yang merupakan kombinasi dari noun “cup” dan “tea” dengan arti secangkir teh.

Contoh Penggunaan Vocabulary

Setelah mengetahui arti vocabulary dan berbagai jenisnya, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana contoh penggunaan dari vocabulary tersebut. Macam-macam vocabulary juga beragam dan dapat digunakan pada berbagai contoh seperti “life’s stuffs” atau hal-hal di kehidupan, baik pada waktu kelahiran, pengalaman hidup, hingga pada fase sekolah dan kerja.

Sebagai contoh vocabulary pada fase kelahiran seseorang, mulai dari pregnant (hamil), birth (kelahiran), twin (anak kembar), dan sebagainya. Berikut contoh kalimat pada variasi kata “pregnant” yang berarti hamil maupun “pregnancy” yang berarti kehamilan.

  • Rara’s mom is pregnant (Ibu Rara sedang hamil)
  • Missed periode is one of signs of pregnancy (Terlambat haid adalah salah satu tanda kehamilan)

Ada juga berbagai macam vocabulary yang berkaitan dengan anggota keluarga (family members). Dalam hal ini, berbagai kosakata dapat mengenalkan kita pada keluarga langsung, keluarga khusus, hingga keluarga tidak langsung.

Sebagai contoh pada vocabulary keluarga langsung, tidak hanya sekadar menuliskan nama anggota keluarga, namun juga profesi, jumlah anggota keluarga, sifat anggota, dan sebagainya. Adapun contohnya seperti berikut.

  • My mother is a policewoman (Ibu saya adalah seorang polwan)
  • I have a brother who is nine years old (Saya memiliki saudara laki-laki yang berusia sembilan tahun)

Itulah beberapa penjelasan mengenai Arti Vocabulary, jenis, hingga berbagai contoh yang seringkali digunakan. Biar nggak gampang lupa, kamu harus membaca artikel Tips Mengingat Vocabulary biar Kamu Nggak Gampang Lupa.

Yuk saatnya perbanyak vocab-mu biar makin jago ngomong bahasa Inggris. Jago Bahasa siap temani belajarmu.

Gabung Jago Speaking sekarang dan dapatkan promo menarik sebelum kehabisan!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan