Logo Jagobahasa

Home » blog

Apa Itu Idiom? Pengertian, Fungsi, Asal-usul, Jenis, dan Contohnya

Apa itu Idiom

Air tenang menghanyutkan, sebuah pepatah lama yang berarti seorang pendiam biasanya banyak ilmu. pernah dengar pepatah tadi? Kata kiasan sering dipakai untuk menjelaskan sesuatu atau memberi nasihat kepada seseorang untuk memberikan makna yang lebih dalam.

Begitu pula dengan bahasa Inggris, dalam percakapan sehari-hari sering kali dipakai bahasa kiasan untuk mengungkapkan pesan yang berkias untuk menyemangati seseorang, sarkasme atau menyindir seseorang. Native english speaker menamakannya dengan Idiom.

Apakah itu Idiom?

Idiom adalah kumpulan kata figuratif yang tidak bisa diartikan secara langsung dari kata perkata. Pada awalnya arti dari kata-kata ini memiliki arti literal. Namun seiring dengan waktu, makna mulai terkikis, berubah dari arti asal, dan menjadi kata-kata kiasan yang terkadang mengandung humor, ide maupun perasaan tanpa menyampaikannya secara literal. Sesuatu yang umum untuk English native speaker dan berkomunikasi sehari-hari.

Termasuk dalam bahasa figurative seperti, metapora dan hiperbola. Seperti contoh “I’m feeling under the weather today.” yang berarti seseorang itu sedang tidak sehat, tetapi mereka tidak menjelaskan secara langsung atau literal jika mereka sedang sakit.

Kiasan kata bahasa Inggris ini penting untuk digunakan, terkadang mengandung kata yang bermakna lebih dalam dari kata-kata biasa, tetapi tidak semua orang dapat memahami pesan di belakang kata-kata ini, dan sering kali terjadi salah pengartian.

Maka dari itu, kata-kata kiasan tidak selalu tepat untuk digunakan untuk berkomunikasi, terutama dengan seseorang dengan level bahasa Inggris yang masih pemula, terkadang bahkan English native speaker salah mengartikan kiasan.

Asal-usul Idiom

Bagaimana kata kiasan ini mendapatkan makna-makna tersirat yang mereka miliki? Kita memiliki banyak contoh kata-kata kiasan, tetapi dari manakah asal idiom ini? Beberapa kata kiasan bisa di lacak untuk kemungkinan darimana asal usulnya, seperti:

  • “Spill the beans” diperkirakan berasal dari metode penghitungan vote pada jaman Yunani (Greek) yang berarti secara literal, “speal the beans.” karena pada jaman yunani metode voting mereka menggunakan kacang polong. Tetapi banyak dari kata-kata kiasan yang tak ter lacak dari mana asal mulanya, seperti “it’s raining cats and dogs.”
  • “Run-off -the-mills” yang awalnya mendeskripsikan kegiatan sehari-hari yang berasal dari kegiatan pabrik di abad 20th yang kemudian berubah makna untuk menjelaskan sesuatu hal dengan kualitas biasa.
  • “At the drop of a hat” memiliki arti melakukan sesuatu pada saat itu juga, orang-orang memiliki teori untuk kata kiasan ini, salah satu teori mereka adalah, kiasan ini berasal dari abad ke 18, berasal dari aksi menjatuhkan topi sebagai tanda untuk menantang berkelahi.
  • “At sixes and sevens” dulunya menjelaskan tentang situasi yang membingungkan, berasal dari abad ke 14, dari permainan dadu.
  • “Straight from the horse’s mouth” bermakna, mendapat berita dari sumber yang terpercaya. Kiasan ini berasal dari tahun 1800, yang dulunya mendeskripsikan tentang pelatih kuda yang memeriksa gigi kuda untuk memeriksa kesehatan mereka sebelum mereka melakukan balapan.

Fungsi Idiom

Kenapa kita kerap menggunakan idiom? Kalian telah mempelajari arti dari kata kiasan ini, lalu, kenapa memakainya jika berbicara kita bisa menyampaikan apa yang ingin kalian sampaikan dengan bahasa sehari-hari?

Kata kiasan membuat tulisan kalian menjadi lebih informal dan familiar, dan ketika kalian menulis sebuah cerita, kata kiasan akan membuat karakter-karakter dari cerita lebih autentik dan realistis. Kata kiasan membantu kita menyampaikan ide atau perasaan secara lebih complex.

Kapan kata kiasan harus dihindari? Mengetahui apa itu kata kiasan sangat penting, tetapi lebih penting lagi adalah mengetahui kapan kita dibutuhkan untuk tidak menggunakan kata kiasan. Kata kiasan menggambarkan dan memiliki makna yang berbeda dari arti literal kata-kata tersebut, jadi mengetahui kapan kita bisa memakainya sangatlah penting.

Typically, kalian tidak menggunakan kata kiasan ketika menulis essay karena kata kiasan bisa dikategorikan sebagai kata informal, sesuatu yang kalian gunakan sehari-hari dengan teman dan keluarga.

Selain itu, kalian harus berhati-hati ketika berbicara dengan no-English speakers, karena kemungkinan mereka akan menerjemahkan arti literal dari kata-kata kiasannya tetapi tidak bisa menangkap makna dibalik kata-kata tersebut, lebih baik untuk tidak menggunakannya untuk menghindari kebingungan.

Jenis-Jenis Idiom

Baik, mari kita jelaskan lebih lanjut mengenai jenis-jenis idiom berdasarkan segi keeratan unsur-unsurnya pembentuk dan maknanya, serta berdasarkan bentuknya:

1. Jenis idiom berdasarkan segi keeratan unsur-unsurnya pembentuk dan maknanya

a. Idiom Penuh

Idiom ini terdiri dari beberapa kata yang membentuk satu kesatuan makna dan tidak dapat dipecah lagi tanpa kehilangan makna aslinya. Contohnya “break the ice” yang berarti “memulai percakapan yang tidak canggung”.

b. Idiom Sebagian

Idiom ini terdiri dari bagian-bagian kata yang membentuk satu kesatuan makna, namun masih dapat dipahami jika salah satu bagian kata dihilangkan. Contohnya “piece of cake” yang berarti “sangat mudah”.

2. Jenis idiom berdasarkan bentuknya

a. Ungkapan

Ungkapan merupakan idiom yang terdiri dari satu atau beberapa kata, dan maknanya tidak dapat dipahami secara harfiah dari arti kata-kata tersebut. Contohnya “hit the nail on the head” yang berarti “membicarakan sesuatu dengan akurat”.

b. Metafora (Perbandingan)

Metafora adalah idiom yang menggunakan perbandingan atau kiasan untuk menyampaikan makna tertentu. Contohnya “a bed of roses” yang berarti “keadaan yang nyaman dan menyenangkan”.

Dua klasifikasi ini membantu untuk memahami lebih baik bagaimana idiom-idiom terbentuk dan dipahami dalam konteks bahasa dan komunikasi.

Contoh Idiom dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Idiom berperan penting dalam bahasa Inggris sehari-hari untuk berkomunikasi dan menulis, kata kiasan ini tidak selalu bermakna secara literal, kalian seharusnya tahu dan familiar dengan makna dan kapan harus memakainya. Mungkin terasa rumit, tetapi mempelajari kata kiasan sangatlah menyenangkan, dan juga, dengan menggunakan kiasan, kalian akan terdengar seperti orang native.

1. Once in a blue moon

Arti kata : tidak sering dilakukan

Contoh dalam kalimat: They visited the park once in a blue moon.

2. Take a rain check

Arti kata: postpone a plan

Contoh dalam kalimat: she had to do a rain check when Jonny invited her to dinner.

3. Throw cautions to the wind

Arti kata: to take a risk

Contoh dalam kalimat: he’s throwing cautions to the win, knowing how reckless she is

4. The whole nine yards

Arti kata: semuanya

Contoh dalam kalimat: I want the parti to be epic, the whole nine yards of it

5. Call it a day

Arti kata: berhenti mengkerjakan sesuatu

Contoh dalam kalimat: He is so tired and wants to call it a day and sleep it off.

6. Beating around the bush

Arti kata: menjelaskan secara berputar-putar

Contoh dalam kalimat: Chad ask Susie not to beat around the bush and explain the thing already.

7. Bury the hatchet

Arti kata: berdamai

Contoh dalam kalimat: For her mother’s sake, John agrees to bury the hatchet with his brother.

8. Hit the sack

Arti kata: tidur

Contoh dalam kalimat: He’s so tired that he’s just ready to hit the sack as soon as he gets home.

9. Your guess is as good as mine

Arti kata: tidak tahu

Contoh kalimat: Jessica being asked by Talia if she knows who send the package and Jessica simply said. “Your guess is as good as mine, Talia.”

Masih banyak contoh Idiom yang bisa kamu pelajari, tetapi jangan khawatir, semakin kalian membiasakan diri dengan bahasa Inggris dan mempraktekkan apa yang telah kalian pelajari, menggunakan kiasan kata akan menjadi kebiasaan bagi kalian. Never give up, dan terus semangat dalam belajar.

Kunci utama untuk memahami penggunaan kiasan kata adalah, memahami makna yang ingin disampaikan dengan kiasan tersebut. “Sorry, I’m out of short today, I’ve been doing everything at once that my brain seems to freez over and stop working.” menjelaskan bahwa seseorang tidak melakukan sesuatu hal dengan sepenuh tenaga karena mereka lelah.

Semakin sering kalian praktek, maka semakin mudah dalam menyerap dan memahami bahasa Inggris, janganlah takut untuk melakukan kesalahan, “No pain, no gain.” kesalahan justru yang membuat orang berkembang dan bisa belajar dari kesalahan tersebut. 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar skill bahasa Inggrismu meningkat dengan cepat. Kamu bisa mengikuti tipsnya pada artikel Inilah Cara Jitu untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu. tunggu apalagi? Yuk Pelajari sekarang biar bahasa Inggris kamu setara native speaker!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo