Logo Jagobahasa

Home » blog

American English VS British English: Kamu Pilih Mana Nih ?

American English VS British English_ Kamu Tim Mana Nih

Kiblat dari bahasa Inggris terbagi menjadi dua yaitu British English dan American English. Kenapa harus dibedakan? Hal ini tidak terlepas dari sejarah di mana Amerika ingin membentuk dan menciptakan aksen bahasa Inggris tersendiri dengan tujuan untuk menunjukkan kemerdekaan dari negara Inggris.

Ketika belajar bahasa Inggris kamu dapat memilih salah satu aksen yang diinginkan, meskipun lebih baik lagi jika bisa menguasai dua-duanya. Sebelum menentukan aksen bahasa Inggris yang akan dipelajari, kamu juga perlu menyesuaikan preferensi tersebut dengan tujuan belajar.

Perbedaan American English vs British English

Meskipun sama-sama bahasa Inggris keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apabila kamu belajar bahasa Inggris untuk melanjutkan pendidikan ke wilayah United Kingdom, maka British English adalah aksen yang dipelajari.

Bahkan kamu bisa melihat film barat yang menggunakan aksen bahasa Inggris berbeda-beda, ada yang menggunakan aksen Amerika, dan ada yang menggunakan aksen British. Untuk lebih jelasnya, alangkah baiknya mempelajari tentang perbedaan bahasa Inggris aksen Amerika vs aksen Inggris.

  • Vocabulary Atau Kosakata

Perlu diketahui bahwa British English dengan American English mempunyai kosakata yang berbeda meskipun tidak semuanya. Namun jika kamu mempelajari kedua aksen bahasa tersebut tentunya perbendaharaan katamu menjadi lebih banyak.

Masyarakat Indonesia sendiri kebanyakan tidak tahu apa aksen bahasa Inggris yang mereka pelajari, apakah American atau British vocabulary.

  1. Kentang Goreng (American: French Fries, British: Chips)
  2. Pergi liburan (American: Go vacation, British: Holidays)
  3. Kampus (American: University, British: Collage)

Beberapa kosakata tersebut mungkin tidak asing lagi bagi kamu, tetapi kamu belum tahu mana kosakata Inggris maupun Amerika. Bahkan kadang untuk penyebutan kata ‘sepak bola’ juga masih bingung, harus menyebut soccer atau football.

Meskipun keduanya memiliki arti yang sama tetapi perlu tahu kiblat aksen bahasa yang digunakan sehingga penggunaan katanya bisa sesuai.

  • Aksen Atau Logat Bicara

Dan menonjol British English dan American English selanjutnya yaitu dari sisi aksen atau logat bicara. Coba perhatikan saat menonton film Harry Potter, Di mana para pemain menggunakan aksen bicara dengan menghilangkan huruf ‘r’.

Hal ini merupakan ciri khas dari aksen British English, sehingga aksen bahasa ini cenderung lebih sulit diikuti oleh orang Indonesia yang terbiasa mengucapkan huruf r dengan jelas.

Berbeda halnya dengan English American yang tetap membunyikan huruf ‘r’ di dalam kata. Banyak juga media Amerika yang diakses oleh Indonesia sehingga masyarakat Indonesia lebih akrab dengan aksen American English.

  • Spelling Atau Ejaan

Selain itu, pengejaan kata antara British English dan American English juga berbeda. Contoh yang sangat familiar yaitu bahasa Inggris dari warna, yang benar color atau colour? Ternyata kedua kata tersebut benar.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat contoh di bawah ini.

  1. Akhiran ‘ise’ dan ‘ize’ (British: Apologise, American: Apologize)
  2. Akhiran ‘Ce’ dan ‘Se’ (British: defence, American: defense)
  3. Penyederhanaan double huruf konsonan (British: traveling, American: travelling)
  • Grammar Atau Tata Bahasa

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia grammar menjadi salah satu fokus pelajaran bahasa Inggris yang cukup membingungkan. Mungkin kamu juga merasa cukup kesulitan ketika belajar grammar.

Kamu jangan khawatir, untuk lebih memudahkannya kamu perlu tahu apakah akan belajar grammar British English atau American English. Dengan begitu maka proses belajar akan jauh lebih mudah.

  • Collective Nouns

Dalam bahasa Indonesia, kolektif nouns artinya kata benda kolektif atau jamak. Pada English American style, collective nouns justru merupakan tunggal atau singular. Misalnya band untuk sekelompok musisi, staff untuk sekelompok karyawan, dan tim untuk sekelompok atlet.

Karena kolektif nouns dalam American style merupakan singular maka English American menggunakan tubi tunggal. Misalnya,”The band is so cool.”

Sedangkan untuk British English style, kolektif nouns adalah kata benda tunggal maupun jamak. Namun yang paling sering digunakan yaitu jamak. Sehingga dalam penggunaannya dapat menggunakan to be jamak maupun tunggal. Misalnya, dapat menggunakan kalimat, “The team are playing today,” ataupun “The team is playing today.”

  • Preposisi Waktu

Pada aksen British English ketika menunjuk tempat dan waktu menggunakan ‘at’, sedangkan pada aksen American English lebih menggunakan ‘in’ untuk menunjukkan tempat dan ‘on’ untuk menunjukkan waktu.

  • Auxiliary Verbs

Auxiliary verbs merupakan kata kerja bantu. Saat pergi ke Amerika dan ingin menjadi native speaker, maka akan sering berkomunikasi dengan bahasa non formal. Berbeda halnya dengan negara Inggris yang tetap menggunakan percakapan formal meskipun untuk aktivitas sehari-hari. Misalnya penggunaan aux shall, (American: Should we meet the guy? British; Shall we meet the guy?”)

  • Tag Questions

Untuk menandai perbedaan American English dan British English , dapat dilihat dari tag question. Tag question merupakan bentuk tata bahasa pernyataan yang kemudian diubah menjadi pertanyaan. Contohnya, “Belajar bahasa Inggris di Jagobahasa menyenangkan, bukan?”

Dalam hal ini tag merupakan kata ganti yang penggunaannya bisa disesuaikan pada konteks kalimat. Kamu dapat menggunakan do, have, atau be. Misalnya, “Learning English at Jago Bahasa is fun, isn’t it?”

Dalam kalimat tersebut, “isn’t it” merupakan penegasan untuk membuat lawan bicara setuju dengan kita. Perlu diketahui bahwa British English sering menggunakan tag question, sedangkan American English American jarang menggunakannya.

  • Sertifikat Keahlian

Untuk membuktikan keahlian berbahasa Inggris, baik untuk Inggris British dan Inggris Amerika ditunjukkan dengan bukti yang berbeda. Mungkin kamu tidak asing lagi dengan sertifikat tes TOEFL dan IELTS, tetapi tidak tahu apa perbedaannya.

Kedua sertifikat tersebut dapat digunakan sebagai syarat untuk melanjutkan sekolah di luar negeri. Jika condong dengan British English kamu bisa mengambil sertifikat IELTS, tetapi jika kamu ingin melanjutkan studi di wilayah United States maka bisa mengambil sertifikat TOEFL.

Contoh Vocabulary American English vs British English

Untuk lebih mudah dalam belajar membedakan English British dan American, kamu juga perlu tahu kosakata atau vocabulary apa saja dari kedua style bahasa tersebut yang berbeda.

Kata British English American English
Sepak bola Football Soccer
Biskuit Biscuit Cookie
Tempat Sampah Dustbin Trash
Musim Gugur Autumn Fall
Kaleng Tin Can
Kentang Goreng Chips Fries
Kendi Jug Pitcher
Peralatan Makan Curlery Silverware
Senter Torch Flashlight
Terong Aubergine Eggplant
Gorden Curtains Drapes
Kulkas Fridge Refrigerator
Taksi Cab Taxi
Permen Sweets Candy
Penghapus Rubber Eraser
Popok Nappy Diaper
Jaket sweater Jumper Sweater
Sepatu olahraga Trainers Sneakers
Lapar Peckish Hungry
Lantai Bawah Ground Floor First Floor
Antrian Queue Line
Lift Lift Elevator
Film Film Movie
Kap Mobil Bonnet Hood

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai perbedaan kedua jenis aksen dari Amerika dan British yang perlu kamu pahami. Jika ingin lebih lancar dalam berbahasa inggris, kamu bisa bergabung dengan kelas bahasa Inggris. Tentukan preferensi aksen bahasa Inggris yang kamu inginkan dengan tujuan belajar.

Ada loh, kelas bahasa Inggris yang materinya bisa disesuaikan dengan tujuan belajar yang ingin kamu capai. Misal kamu ingin lancar belajar bahasa Inggris agar bisa diterima kuliah di kampus ternama atau karena ingin mendapat pekerjaan impian. Kalau kamu penasaran, kamu bisa coba kepoin dulu di artikel Ingin Cepat Kuasai Bahasa Inggris? Yuk Intip Program English For Specific Purposes. Yuk baca sekarang! biar kamu nggak ketinggalan informasi menarik lainnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo