Logo Jagobahasa

Home » blog

7 Persiapan bagi Peserta Ujian TOEFL ITP dan Contoh Soal

Persiapan bagi Peserta Ujian TOEFL ITP

Persiapan bagi peserta ujian TOEFL ITP menjadi tolak ukur yang penting terhadap kesuksesan atau hasil yang didapat setelah ujian. Tentu untuk mendapatkan hasil ujian yang memuaskan dan ideal harus melalui persiapan yang matang.

Banyak cara yang mungkin ditempuh untuk mempersiapkan ujian TOEFL ITP dengan baik dan efektif. Namun sebelum membahas tips dan trik persiapan menghadapi ujian, akan lebih baik mengetahui apa itu ujian TOEFL ITP.

TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language, sementara ITP adalah singkatan dari Institutional Testing Program. Adapun tujuan dari ujian TOEFL ITP yaitu untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dengan akurat.

TOEFL ITP kadang dijadikan syarat dalam beberapa kondisi seperti calon penerima beasiswa, CPNS, syarat masuk atau lulus universitas, dan lain-lain. Namun persyaratan tersebut dirasa berat bagi beberapa peserta dikarenakan target skor yang harus dicapai. Setiap institusi menetapkan skor minimal bagi hasil TOEFL ITP sebagai syarat akademis yang harus dipenuhi pesertanya.

Adapun rentang skor yang menjadi batas minimal biasanya yang ditetapkan institusi sekitar 425 sampai 550 atau lebih. Hal itulah yang membuat peserta merasa berat atau merasa kemampuannya masih belum cukup untuk mencapai target skor yang ditetapkan.

Perlu diketahui tes TOEFL ITP meliputi tiga tahapan ujian, yang pertama listening comprehension (kemampuan mendengarkan), lalu ada tes structure and written expression (struktur dan pernyataan tertulis), dan terakhir reading comprehension (kemampuan memahami bacaan).

TOEFL ITP sample test

1. Listening Comprehension

Soal listening comprehension meliputi penguasaan vocabulary (kosakata) serta idiomatic expression  (pernyataan ungkapan) yang merupakan dasar-dasar pengetahuan berbahasa Inggris. Hal yang dinilai dalam listening comprehension adalah penggunaan grammar yang tepat dalam bahasa Inggris.

Nah, dalam sesi ini akan disajikan percakapan singkat, panjang serta narasi dalam bentuk monolog.

Soal dalam audio:

Woman: I don’t like this painting very much

Man: Neither do I

Narator: What does the man mean?

Sementara di buku soal, terdapat pilihan jawaban seperti ini:

  1.   He doesn’t like the painting either
  2.    He doesn’t know how to paint
  3.    He doesn’t have any paintings
  4.   He doesn’t know what to do

Jawaban yang paling benar adalah A, karena dalam percakapan wanita mengungkapkan tidak suka dan pria setuju dengan hal tersebut.

2. Structure and Written Expression

Kemampuan yang diuji dalam sesi ini adalah kemampuan untuk memahami kalimat dan pernyataan yang paling tepat sesuai penulisan baku.

Pada bagian struktur peserta diminta untuk melengkapi kalimat yang rumpang. Berikut ini adalah contoh soalnya:

Geysers have often been compare to volcanoes………they both emit hot liquid from below the Earth’s surface.

  1. due to
  2. because
  3. in sprite of
  4.  regardless of

Jawaban yang paling benar adalah B karena sesuai dengan tata bahasa.

Sementara pada tes written expression, akan ada soal berupa kalimat utuh, peserta harus bisa mencari bagian dari kalimat tersebut yang tidak sesuai dengan grammar. Berikut ini adalah contoh soalnya:

Serving (A) several term (B) in Congress, Andreww Matthew became an important (C) United States politician (D).

Jawaban yang paling benar adalah B, karena kalimat yang tepat seharusnya terms bukan term.

3. Reading Comprehension

Pada bagian reading comprehension, akan disajikan bacaan yang terdiri dari paragraf-paragraf dengan tema akademis. Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam memahami topik-topik yang berkaitan dengan dunia akademis.

Peserta nantinya akan menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan teks narasi. Jawaban yang tepat ada di dalam teks tersebut dan harus dicari dengan menyimak teks secara seksama.

Ada beberapa bacaan yang musti dipahami dengan teliti. Setiap bacaan biasanya mengandung sekitar 5-7 pertanyaan. Pertanyaan yang sering muncul dalam reading comprehension biasanya tentang main idea (ide pokok), sinonim dan antonim, serta merujuk pertanyaan yang jawabannya 5W (what, where, when, who, why).

Persiapan Peserta TOEFL ITP

Calon peserta ujian TOEFL ITP sangat penting untuk mempersiapkan semua hal dengan matang, baik itu secara fisik maupun mental.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk melakukan persiapan secara matang sebelum ujian TOEFL ITP.

1. Sering latihan

Ujian TOEFL yg dinilai cukup sulit, Karena itu sebaiknya peserta sering berlatih dengan mengerjakan soal-soal TOEFL yang bisa didapatkan dari berbagai sumber TOEFL test. Banyak buku yang membahas tentang TOEFL test yang dijual secara offline maupun online.

Jika menggunakan buku maka disarankan memilih buku yang memiliki fitur kebahasaan jawaban agar calon peserta ujian TOEFL ITP mengerti tentang pembahasan soal.

2. Sering membaca

Dipercaya dapat meningkatkan kemampuan skimming dan scanning ketika mengerjakan soal reading comprehension. Biasakan membaca buku atau sumber yang menggunakan bahasa Inggris mengenai hal apa saja yang disukai oleh calon peserta ujian TOEFL ITP.

Pasalnya jika calon peserta ujian memiliki hobi memasak maka carilah bacaan mengenai resep maupun prosedur memasak sebuah makanan maupun minuman.

3. Mendengarkan podcast

Mendengarkan podcast yang menggunakan berbahasa Inggris bagus banget untuk melatih kepekaan serta membiasakan telinga untuk mendengar percakapan bahasa Inggris.

4. Menonton film

Kegiatan menonton film tentu menjadi hal yang menyenangkan, namun bagi calon peserta ujian TOEFL ITP disarankan untuk menonton film berbahasa Inggris tanpa bantuan subtitle. Sama halnya dengan mendengarkan podcast menonton film juga melatih kepekaan telinga untuk mendengarkan percakapan bahasa Inggris.

Namun jika memang masih sangat pemula bisa saja menggunakan subtitle, dengan catatan jika merasa kesulitan dengan beberapa kata, maka harus membuka kamus untuk mencari artinya. Hal tersebut tentu akan sangat berguna untuk menambah vocabulary saat melakukan persiapan ujian TOEFL ITP.

5. Pelajari hal mengenai akademik, sosial, maupun sains

Soal dalam ujian TOEFL ITP memasukkan banyak unsur akademis, sehingga kosakata yang berada dalam ujian akan berbeda dengan apa yang diucapkan sehari-hari bahkan oleh native speaker.

Sebagian besar dari soal TOEFL akan menggunakan tema sains atau ilmu pengetahuan alam dalam bahasanya. Salah satu contoh, peserta mungkin akan menemukan soal yang berhubungan dengan hewan langka atau anatomi maupun Fisiologi hewan dan lain sebagainya.

Saat soal TOEFL menggunakan unsur akademis yang berhubungan dengan perkuliahan maupun kegiatan belajar. Soal seperti itu, mungkin akan dijumpai di sesi listening yang memuat percakapan antara dua orang, bisa saja guru dan siswa atau siswa dengan siswa.

Adapun pembahasannya tidak akan jauh dari detail penugasan maupun diskusi dalam kelas. Namun untuk soal yang berhubungan dengan sosial biasanya tidak akan jauh dari pembahasan tokoh-tokoh berpengaruh dan sejarah.

6. Familiar kan diri dengan sesuatu yang berhubungan dengan negara berbahasa Inggris

Hal-hal yang berhubungan dengan beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya akan sering dijumpai dalam soal TOEFL ITP. Pembahasan tersebut bukanlah hal yang aneh, sebab TOEFL ITP berasal dari USA (Amerika Serikat) sehingga tak heran pembuat soalnya akan menyelipkan beberapa unsur mengenai negara tersebut.

7. Mengikuti kursus Bahasa Inggris

Mengikuti kursus bahasa Inggris yang membahas TOEFL tentu akan sangat membantu dalam melakukan persiapan dengan matang.

Di JagoBahasa, calon peserta ujian dapat memilih untuk memperdalam bahasan mengenai program TOEFL dengan dua pilihan kelas (reguler dan private). Peserta akan dipandu oleh tutor profesional yang bersertifikat dan berpengalaman di bidangnya yang akan membantu persiapan tes tersebut dengan lebih matang dan terarah.

Menggunakan konsep small class membuat program menjadi lebih intensif dengan durasi 60 menit dalam setiap pertemuannya di hari Senin sampai Jumat. Metode ajar yang digunakan di JagoBahasa dikemas sesuai trend masa kini yang interaktif, mengasyikan, dan jelas terarah pada target skor ujian TOEFL.

Mengkuti program persiapan TOEFL  di JagoBahasa, maka secara otomatis akan mendapatkan fasilitas menarik seperti gratis prediction test, scoring intensive, gratis lebih dari 40 video pembelajaran, gratis kelas alumni seumur hidup, serta kuis dan grup diskusi Telegram 24 jam non-stop.

Yuk segera daftarkan dirimu di program TOEFL Preparation di Jago Bahasa!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo