Logo Jagobahasa

Home » blog

Rahasia Lulus Tes IELTS dengan Mudah

Rahasia lulus tes IELTS dengan mudah

Lulus tes IELTS bukanlah perkara yang mudah, apalagi hasil tes satu ini sangat penting untuk mendaftar beasiswa maupun kuliah. Tes IELTS umumnya terdiri dari bagian listening, reading, written, dan speaking. Agar tahu lebih lanjut, mari simak ulasan mengenai tes IELTS berikut ini.

Apa itu IELTS?

IELTS atau International English Language Testing System adalah jenis tes bahasa Inggris internasional yang digunakan untuk keperluan studi, migrasi, hingga bekerja ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Misalnya, negara Australia, Kanada, Inggris, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

Tes IELTS diselenggarakan oleh British Council, IDP: IELTS Australia dan Cambridge English. Tujuannya, yakni untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang melalui tes mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking) yang akan dinilai selama tes. Nilai IELTS berada pada skala 1-9.

Pentingnya IELTS

IELTS merupakan tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dan berfungsi sebagai syarat beberapa urusan seperti untuk bekerja, belajar, ataupun tinggal di negara berbahasa Inggris. Lantas, mengapa IELTS penting?

Sebagaimana diketahui, bahasa Inggris merupakan bahasa ketiga yang paling banyak digunakan di dunia dengan sekitar 379 juta penutur di seluruh dunia. Maka dari itu, dengan menguasai bahasa Inggris, maka peluang untuk memperluas koneksi yang bersifat positif akan lebih mudah dilakukan. Seperti untuk belajar, mendapat kesempatan kerja, hingga melebur ke dalam masyarakat.

Menjawab pertanyaan mengenai pentingnya IELTS, perlu diketahui bahwa IELTS adalah tes yang paling populer untuk mewujudkan semua itu. Terutama bagi kamu yang ingin bermigrasi ke Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat. Selain itu, IELTS juga telah diakui secara global oleh lebih dari 11.000 pengusaha, universitas, seolah, dan badan migrasi, termasuk 3.400 institusi di Amerika Serikat.

Bagian pada Tes IELTS

Sebelum mengetahui rahasia agar lulus tes IELTS, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagian (section) yang ada pada tes IELTS.

1. Listening

Konsentrasi pada kata kunci yang akan membantumu jika kesulitan mengikuti kecepatan pembicara. Cerna maksud secara keseluruhan, bukan hanya mengingat apa yang pembicara katakan. Sering berlatih mendengarkan awal hingga akhir percakapan.

2. Reading

Sering membaca teks berbahasa Inggris. Hitung kecepatan membaca yang disesuaikan dengan pemahaman. Ketika tes, baca soal lebih dulu sebelum membaca teks pada soal. Lalu fokus pada beberapa poin penting seperti when, where, why, how, whom, how many, which, dan lain-lain.

3. Writing

Biasakan membaca buku berbahasa Inggris untuk memperluas vocabulary dan meningkatkan kemampuan grammar. Manfaatkan penggunaan sinonim, kata penghubung, dan kata pengganti. Usahakan membuat kalimat yang pendek dan jelas, jangan bertele-tele.

4. Speaking

Berlatihlah dengan sering menonton film atau Podcast berbahasa Inggris. Cari partner yang memiliki skill bahasa Inggris bagus agar dapat kamu ajak praktik percakapan, akan lebih baik jika partner kamu sudah lulus tes IELTS.

Target Score Capaian

Skor IELTS atau band score berada di skala 0 hingga 9. Berapa target score yang harus dicapai dalam IELTS? Sebenarnya, itu tergantung untuk apa IELTS akan digunakan. Jika hanya untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris kamu, maka tidak perlu ada target score, tapi cukup tingkatkan kemampuan setelah mengetahui score yang didapatkan.

Namun jika untuk kebutuhan mendaftar kuliah atau kerja di luar negeri, maka biasanya nilai yang direkomendasikan adalah minimal 6,5. Berikut arti band score IELTS mulai dari angka 6 ke atas menurut laman resmi IELTS:

  • Band Score 6 – Competent User: Peserta tes memiliki penguasaan bahasa yang efektif meskipun ada beberapa ketidakakuratan, penggunaan yang tidak tepat, dan kesalahpahaman. Mereka dapat menggunakan dan memahami bahasa yang cukup kompleks, terutama dalam situasi yang akrab.
  • Band Score 7 – Good User: Peserta tes memiliki perintah operasional bahasa, meskipun dengan ketidakakuratan sesekali, penggunaan yang tidak tepat dan kesalahpahaman dalam beberapa situasi. Mereka umumnya menangani bahasa yang kompleks dengan baik dan memahami alasan yang terperinci.
  • Band Score 8 – Very Good User: Peserta tes memiliki perintah operasional penuh bahasa dengan hanya ketidakakuratan tidak sistematis sesekali dan penggunaan yang tidak tepat. Mereka mungkin salah memahami beberapa hal dalam situasi yang tidak biasa. Mereka mampu menangani argumentasi yang kompleks dan detail dengan baik.
  • Band Score 9 –  Expert User: Peserta tes memiliki perintah operasional penuh bahasa. Penggunaan bahasa Inggris mereka tepat, akurat dan lancar, dan menunjukkan pemahaman yang lengkap.

Cara Lulus Tes IELTS dengan Mudah

Berikut ini rahasia lulus agar Anda lulus tes IELTS dengan mudah:

1. Jadwal Rutinitas Belajar

Sebuah studi menyebutkan, untuk menaikkan satu skor IELTS dibutuhkan sedikitnya 220 jam belajar. Jika mengacu pada itu, maka terlebih dulu kalkulasikan kebutuhan belajarmu dalam satu hari selama 1-2 bulan untuk mempelajari IELTS.

Untuk itu, pertama-tama cobalah simulasi tes IELTS awal untuk mengetahui gambaran skor yang mungkin akan kamu dapatkan. Mengacu pada itu, jika skor yang kamu dapatkan adalah 5.0, maka kamu membutuhkan waktu belajar sekitar 440 jam atau sama dengan 10 jam per hari selama 1,5 bulan jika kamu ingin mencapainya dalam waktu tersebut.

Agar lebih disiplin dan manajemen waktu terkelola dengan baik, buatlah jadwal rutinitas belajar yang teratur sehingga kamu dapat mengukur akan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga mencapai targetmu menuju hari H tes IELTS.

Kamu dapat memulai dengan menyusun jadwal belajar mingguan yang terdiri dari detail materi atau latihan yang akan kamu lakukan setiap hari dalam 1 minggu tersebut.

2. Konsisten Latihan Soal

Agar dapat lulus tes IELTS, maka kamu perlu konsisten latihan soal. Dengan begitu, kamu akan terbiasa menjawab soal tes karena sudah tidak asing dengan soal-soal yang diujikan.

Berbeda dengan TOEFL, dalam ujian IELTS tidak ada penilaian grammar sehingga hal ini dapat menjadi keuntungan buatmu yang merasa kesulitan menguasai grammar. Berikut materi dalam ujian IELTS yang dibagi menjadi beberapa bagian:

  • Reading: 60 menit
  • Listening: 30 menit
  • Speaking: 14-15 menit (3 bagian)
  • Writing: Masing-masing 1 jam

3. Biasakan Baca Artikel

Di dalam tes IELTS, terdapat tes reading dan writing yang mana keduanya membutuhkan banyak latihan untuk meningkatkan keterampilan. Salah satu yang perlu kamu coba adalah membiasakan membaca artikel.

Dengan sering membaca artikel, maka secara tidak langsung kamu akan terbiasa memahami maksud dari artikel berbahasa Inggris dan hal itu juga akan meningkatkan pengetahuan diksi dan tata bahasamu. Dengan begitu, kemampuan writing-mu pun akan turut meningkat menjadi lebih baik.

4. Biasakan Dengar Aksen Native Speaker

Berbeda dengan latihan reading dan writing, untuk listening dan speaking kamu memerlukan latihan dengan mendengarkan native speaker berbicara. Tak hanya melatih kemampuanmu akan menangkap maksud penutur dan memperluas vocabulary, tapi kamu juga dapat mempelajari aksen meraka.

Aksen native speaker tentu berbeda dengan penutur bahasa Inggris dari negara yang tidak menggunakan English sebagai bahasa ibu. Hal itu tentu disebabkan faktor kebiasaan. Namun dengan membiasakan mendengar aksen native speaker, maka hal itu akan menjadi nilai plus  buatmu. Kamu akan berbicara dalam bahasa Inggris secara lebih natural.

Untuk melatihnya, kamu dapat mendengarkan Podcast, film, atau acara TV yang memperlihatkan native speaker berbahasa Inggris. Selain bermanfaat, belajar dengan cara seperti ini cenderung lebih menyenangkan.

5. Lembaga Kursus yang Ideal

Selain mempersiapkan diri dengan berlatih soal dan praktik, kamu mungkin memerlukan partner atau tutor yang dapat membantumu dalam belajar hingga mengoreksi kekuranganmu. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat terampil dan skill berbahasa Inggrismu akan berkembang jauh lebih pesat.

Menggunakan metode yang dirancang secara khusus, kamu dapat belajar bersama Jago Bahasa dengan program IELTS Preparation yang siap menemanimu dan membimbingmu hingga tesmu sukses.

Yuk segera gabung di program TOEFL and IELTS Preparation Jago Bahasa!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo