Logo Jagobahasa

Home » blog

Matching Features Questions: Contoh Soal IELTS Reading Harus Dipelajari!

Matching Features Questions dalam IELTS Reading Task

Jika kamu ingin melakukan tes IELTS untuk belajar, bekerja, ataupun tinggal di luar negeri, maka kamu perlu mempelajari soal-soal yang diujikan di tes IELTS. Kali ini kami akan membahas mengenai salah satu contoh soal IELTS reading yang harus kamu kerjakan, yaitu Matching Features Questions.

Namun sebelum membahas mengenai Matching Features Questions, JagoBahasa telah merangkum seperti apa IELTS reading test agar kamu semakin paham mengenai tugas-tugas yang akan kamu kerjakan nanti ketika tes IELTS berlangsung.

Seperti Apa IELTS Reading Test?

IELTS Reading Test terdiri dari 40 soal dan dikerjakan dengan durasi 60 menit. Soal ini dirancang untuk menguji berbagai keterampilan membaca, termasuk membaca untuk inti, membaca untuk ide-ide utama, membaca untuk detail, membaca sekilas, memahami argumen logis dan mengenali pendapat, sikap dan tujuan penulis.

Untuk diketahui, IELTS terbagi menjadi dua jenis tes. Pertama, IELTS for Academic dan kedua, IELTS for General Training. Keduanya akan mengujikan tes yang hampir sama, kecuali di dua section, yaitu reading dan writing.

Academic Reading

Academic Reading mencakup tiga teks panjang yang berkisar dari deskriptif dan faktual hingga diskursif dan analitis. Teks diambil dari buku, jurnal, majalah dan surat kabar. Soal-soal tersebut telah dipilih untuk audiens non-spesialis tetapi sesuai untuk orang yang memasuki program universitas atau mencari pendaftaran profesional.

General Training Reading

General Training Reading mencakup teks yang merupakan kutipan dari buku, majalah, surat kabar, pemberitahuan, iklan, buku pegangan dan pedoman perusahaan. Materi yang disajikan mungkin sering kamu temui setiap hari di lingkungan berbahasa Inggris.

Apa itu Matching Features Questions?

IELTS Reading Test memiliki beberapa tipe pertanyaan, salah satunya Matching Features Questions. Dalam tes ini, peserta harus menemukan informasi spesifik dalam paragraf/bagian berhuruf dari sebuah teks, dan menulis huruf-huruf dari bagian tersebut dengan benar dalam kotak pada lembar jawaban.

Peserta mungkin juga diminta untuk menemukan; rincian spesifik, contoh, alasan, deskripsi, perbandingan, ringkasan, penjelasan. Mereka tidak perlu mencari informasi di setiap paragraf atau bagian teks, tetapi mungkin ada lebih dari satu informasi yang relevan dalam bagian tertentu.

Jika hal ini terjadi, peserta tes akan diberi tahu bahwa mereka dapat menggunakan huruf apa saja lebih dari satu kali. Pertanyaan tidak mengikuti urutan yang sama dengan informasi dalam teks.

Jenis tugas ini dapat digunakan dengan teks apa pun karena dapat menguji berbagai keterampilan membaca, mulai dari menemukan detail hingga mengenali ringkasan atau definisi. Sederhananya, jenis tugas atau task ini menilai kemampuan peserta tes untuk memindai informasi spesifik.

Question Overview

Dilansir dari edubenchmark, untuk mengerjakan Matching Features Questions, kamu harus mengidentifikasi informasi dalam pertanyaan di dalam teks, kemudian mencocokkan informasi tersebut dengan kategori yang sesuai dalam daftar yang diberikan. Untuk itu, kamu perlu membaca sekilas dan memindai teks untuk spesifikasi tertentu dan pilih kategori yang sesuai dengan informasi, dari daftar opsi.

Biasanya pertanyaan akan berupa pernyataan atau dengan kata lain, kalimat berisi informasi yang harus dicari dalam teks. Kamu juga akan diberikan daftar kategori, dan setiap kategori akan didahului dengan huruf. Setelah itu, kamu perlu menggunakan huruf-huruf itu saat menjawab.

Pernyataan akan berisi kata kunci dan/atau frasa yang perlu kamu parafrase, dan yang akan membantumu menemukan informasi dalam teks.

Contoh Soal Matching Features

Berikut contoh soal untuk Matching Features yang kemungkinan akan kamu temukan:

Contoh Soal Matching Features

Cara Mengerjakan Soal Matching Features pada IELTS Reading Test

Mengerjakan reading test IELTS bukanlah hal mudah jika kamu belum pernah latihan sebelumnya. Untuk itu, perbanyaklah latihan dengan menerapkan cara berikut ini.

1. Baca Instruksi dengan Hati-hati

Petunjuk dalam tugas ini akan memberi tahumu berapa kali kamu dapat menggunakan kategori dalam daftar. Instruksi bisa mengaturmu untuk dapat menggunakan setiap kategori sekali saja, atau mereka mungkin menunjukkan bahwa kamu dapat menggunakan kategori lebih dari sekali. Ingatlah, tidak semua kategori akan digunakan sebagai jawaban.

2. Baca dan Pahami Pernyataan, dan Biasakan Diri dengan Daftarnya

Karena kamu mencari informasi spesifik dalam teks, penting bagimu untuk membaca pernyataan dengan cermat dan memahami artinya.

3. Parafrase Pertanyaan Fitur

Parafrase pertanyaan berarti mengatakan apa artinya dengan kata-kata yang berbeda atau dengan fokus terutama pada kata kunci/frasa:

Contoh:

‘it is mostly imported  from Mexico but is also grown  in eastern and western coastal areas  of the United States.

Dengan kata lain: ‘It mostly comes from  Mexico, but it is also cultivated  in the East and West coasts  of the USA.’

Jika kamu menjelaskan pertanyaan dengan kata lain, maka pastikan kamu memahaminya secara lebih baik, dan kamu dapat melihat dengan lebih mudah di mana maknanya diungkapkan dalam teks.

4. Telusuri Teksnya

Skim teks berarti membacanya dengan cepat untuk menentukan general dan ide. Ini adalah cara yang baik untuk membiasakan diri dengan konten, karena kamu perlu menemukan informasi spesifik dalam teks.

5. Scan Teks sebagai Informasi

Memindai atau scan teks berarti membacanya dengan cepat sambil mencari informasi tertentu. Perlu diingat, kamu tidak perlu membaca atau memahami setiap kata. Namun kamu dapat mengidentifikasi informasi spesifik yang membantumu menjawab pertanyaan.

6. Pilih Jawaban yang Benar

Setelah memastikan bahwa kamu memahami pertanyaannya. Baca sekilas teks memindai teks ke informasi tertentu. Untuk itu, kamu dapat memilih kategori yang cocok dengan informasi tersebut.

Tips & Trik

Beberapa tips dan trik ini dapat digunakan menjawab pertanyaan dan mendapatkan nilai tinggi dalam ujian IELTS:

  • Baca pertanyaan dan garis bawahi atau lingkari kata kunci.
  • Pindai atau scan bagiannya dan cari informasi yang diberikan dalam fitur dan pertanyaan
  • Telusuri area yang dikelilingi oleh kata kunci dan fitur di bagian itu
  • Tulis huruf di lembar jawaban
  • Ingatlah bahwa jawaban tidak akan berurutan.

Contoh Soal IELTS Reading

Berikut adalah contoh untuk Reading Matching Feature pada tes IELTS, kerjakan semaksimal mungkin secara jujur:

Answer questions 1-5 which are based on the reading passage below.

Mock Up untuk Reading Matching Feature

Questions 1-5

Look at the following statements (Questions 1-5) and the list of people or the group below. Match each statement with the correct person or group A, B, C or D. Write the correct letter, A, B, C or D as your answer.

 You may use any letter more than once.

1 Iron-oxidizing bacteria have been existing for over three billion years.

2 Various forms of life evolved at a great speed on Earth.

3 Our Earth is unique to bear life.

4 The discovered fossils do not match with the formation pattern of bacteria.

5 There is not much time gap between the formation of oceans and the beginning of life.

 List of people

A Matthew Dodd

B Dominic Papineau

C Frances Westall

D The Research Team

Selain section reading task, kamu juga harus mempelajari berbagai tipe pertanyaan selama tes IELTS, salah satunya adalah Sentence Completion. Untuk mengetahui tipe pertanyaan tersebut, kamu bisa membaca artikel Sentence Completion di dalam IELTS Listening task.

Yuk pelajari materi dan informasi menarik dan ter-update seputar speaking, vocabulary, grammar, TOEFL, dan materi bahasa Inggris lainnya hanya di Jagobahasa. 

Khusus kamu yang akan tes kemampuan bahasa Inggris baik TOEFL/IELTS, kamu bisa mempersiapkannya dengan baik bareng TOEFL/IELTS Preparation dari Jagobahasa. 

Pemberian materi dan latihan simulasi dari Jagobahasa, bikin kamu makin pede buat dapatkan skor terbaik tes bahasa Inggrismu!

Tunggu apa lagi? Belajar TOEFL dan IELTS kapanpun dan di manapun kamu mau bareng Jagobahasa aja. Daftar sekarang juga yuk!

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo