Logo Jagobahasa

Gap Year Jadi Asik Bareng Jago Bahasa

Gap Year Jadi Asik Bareng Jago Bahasa

Tidak sedikit orang yang merasa minder karena teman-temannya bisa langsung melanjutkan pendidikan sementara dirinya harus gap year. Gap year adalah waktu jeda sebelum dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya dalam waktu yang ditentukan, biasanya satu atau dua tahun.

Padahal dalam rentang waktu tersebut terdapat banyak kegiatan menarik agar gap year jadi hal yang bermanfaat. Mulai dari memantapkan dalam memilih jurusan, menentukan kampus tujuan, belajar bahasa lebih dalam dan masih banyak kegiatan yang lainnya

Manfaat Gap Year

Apakah kamu juga mempertimbangkan untuk gap year? Ada berbagai hal yang dapat kamu lakukan untuk persiapan mencapai target ke pendidikan yang lebih tinggi. Berikut ini merupakan manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memutuskan untuk gap year.

  • Punya Waktu Lebih Banyak Untuk Menyadari Passion

Jika melihat di luar sana, banyak mahasiswa yang akhirnya merasa salah masuk jurusan kuliah setelah menjalani beberapa semester. Akhirnya mereka memilih berhenti dan memulai dari awal masuk jurusan baru sesuai passion mereka. Sayang sekali, kan? Tidak hanya membuang waktu, tetapi hal ini juga menguras banyak tenaga dan materiil.

Sedangkan ketika kamu mengambil gap year, kamu dapat memiliki banyak waktu luang untuk lebih mengenal diri sendiri. Kamu dapat belajar dari kegagalan yang telah terjadi, mencari tahu apa yang benar-benar diinginkan, sehingga dapat memutuskan jurusan kuliah sesuai dengan passion sehingga tidak menyesal.

  • Banyak Waktu Belajar Hal Baru

Setelah lulus dari SMA dan belum berhasil masuk ke perguruan tinggi, maka kamu dapat melakukan berbagai hal baru sebagai proses pembelajaran. Beberapa bulan sebelumnya mungkin kamu terbebani dengan berbagai aktivitas sekolah.

Saat ini, kamu dapat memanfaatkan waktu untuk mempelajari berbagai hal positif yang belum pernah dilakukan selama sekolah. Kamu dapat mencoba berbagai bidang untuk mengetahui bakat dan minat.

Dengan melakukan hal-hal baru, ternyata tidak hanya sekedar untuk mengisi kesibukan saja. Lebih dari itu, cara ini juga menjadi strategi untuk meningkatkan kualitas dirimu.

  • Mempunyai CV Yang Keren

Selama gap year, jangan berdiam diri dan menikmati waktu-waktu kosong begitu saja. Perlu diketahui bahwa dalam jangka waktu satu atau dua tahun kamu bisa memiliki CV yang keren karena mencoba berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Misalnya bergabung menjadi volunteer, ikut serta anggota komunitas, internship di perusahaan, mengikuti pelatihan bersertifikasi, dan lain sebagainya.

Apalagi bagi kamu yang ingin mendaftar kuliah ke perguruan tinggi favorit baik dalam negeri maupun luar negeri mempersiapkan CV juga sangat penting. Terutama ketika akan melanjutkan studi ke luar negeri, kamu harus memiliki personal branding yang bagus baik hard skill maupun soft skill.

  • Melakukan Hal-Hal Yang Tertunda

Jika setelah lulus sekolah kamu belum berkesempatan untuk melanjutkan studi, kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan berbagai hal yang tertunda. Tentunya kamu memiliki berbagai target dan list keinginan yang belum tercapai karena terkendala jadwal sekolah.

Inilah waktu yang tepat checklist semua hal-hal yang belum sempat terealisasi. Ingat apa saja rencana yang sebelumnya kamu buat tetapi kamu batalkan, seperti memulai bisnis, travelling, quality time bersama keluarga besar, dan lain-lain.

Tidak serta merta untuk memenuhi target melakukan berbagai hal yang tertunda ternyata hal ini juga bermanfaat untuk kamu. Jadi nantinya ketika kuliah, kamu tidak terganggu dengan berbagai keinginan tersebut dan lebih fokus belajar, karena hal-hal yang kamu inginkan sudah terwujud.

  • Fokus Pengembangan Kualitas Diri

Selama gap year kamu tidak terikat dengan hal apapun sehingga kamu lebih memiliki kesempatan dan peluang untuk mengembangkan diri lebih optimal tanpa hambatan. Jadi jangan sia-siakan waktu selama gebyar untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Setelah lulus sekolah, kamu akan beralih dari lingkungan berkelompok menuju lingkungan pribadi. Dalam kondisi seperti ini mau tidak mau kamu harus memaksakan diri untuk terus berkembang dan lebih kreatif. Hal ini juga menjadi salah satu proses pendewasaan dalam hal problem solving supaya kamu dapat memecahkan masalah sendiri.

  • Persiapan Untuk SBMPTN Tahun Berikutnya

Untuk kamu yang ambil gap year pada tahun ini, kamu harus menyadari bahwa kamu memiliki peluang besar untuk lebih unggul dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk masuk ke perguruan tinggi dibandingkan pesaingmu yang lain.

Setelah kamu mantap untuk menentukan jurusan perkuliahan yang diinginkan, kamu juga bisa belajar lebih giat untuk mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi lebih matang di tahun berikutnya.

Namun dalam melakukan persiapan harus lebih fokus lagi sehingga target untuk masuk ke perguruan tinggi favorit dengan jurusan yang kamu inginkan bisa tercapai.

Apalagi kamu memiliki pengalaman kegagalan di tahun ini, sehingga dapat menjadi motivasi untuk kamu supaya lebih baik lagi. Kesempatan untuk lolos pada ujian masuk perguruan tinggi tahun berikutnya pun semakin besar.

  • Belajar Bahasa Inggris

Kamu harus menyadari sepenuhnya bahwa bahasa Inggris sangatlah penting dipelajari sebagai bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai institusi, termasuk institusi pendidikan.

Apalagi di perguruan tinggi, bahasa Inggris sangat dibutuhkan karena biasanya mahasiswa harus mencari referensi jurnal, sementara kebanyakan jurnal merupakan jurnal internasional yang berbahasa Inggris.

Belum lagi bagi orang-orang yang berkeinginan untuk tekan beasiswa tertentu yang mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat.

Selain itu, untuk kamu yang ingin belajar ke luar negeri, wajib menguasai bahasa Inggris jadi harus mempersiapkannya dengan matang. Terutama jika ingin kuliah ke negara-negara di Eropa, Amerika dan Australia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi sehari-hari.

Rekomendasi Program Jago Bahasa Untuk Gap Year

Bagi kamu yang ingin mengoptimalkan waktu gap year untuk belajar bahasa asing, kamu bisa mengikuti program jago bahasa. Program ini dapat kamu pilih sebagai aktivitas dan kegiatan positif untuk melatih dan mengembangkan skill berbahasa Inggris kamu.

Bahkan untuk kamu yang belum memiliki kemampuan bahasa Inggris, tidak perlu khawatir karena bersama Jago Bahasa kamu akan dilatih dari nol. Kamu akan melihat bagaimana progres kemampuan bahasa Inggris kamu selama belajar di Jago Bahasa berkembang dengan pesat.

Untuk itu waktu istirahat gap year harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik, jangan dilewatkan dengan sia-sia. Kegiatan belajar bahasa Inggris menjadi kegiatan inspiratif yang dapat mengisi waktu sekaligus mengasah skill bahasa yang dimiliki.

Namun jangan salah, di sini kamu tidak sekedar belajar bahasa Inggris saja, karena ada banyak hal bermanfaat yang kamu dapatkan sehingga membuat waktu gebyar kamu menjadi lebih berfaedah.

Mengapa perlu belajar bahasa Inggris? Kita semua tahu bahwa saat ini skill berbahasa Inggris merupakan kebutuhan yang harus dikuasai dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang pendidikan. Apalagi bagi yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, diwajibkan memiliki skill English yang top.

Untuk itu, daripada waktu gap year tidak dimanfaatkan, alangkah baiknya untuk berbenah diri dan mengatur waktu untuk belajar bahasa Inggris dengan intens. Karena di sini kamu dapat mengikuti kelas bahasa Inggris yang super duper intensif.

Kamu akan mendapatkan materi bahasa Inggris lengkap mulai dari materi dasar tenses grammar, hingga jago speaking seperti native speaker. Belajar bahasa Inggris di sini didampingi oleh total profesional yang berpengalaman dan asyik dalam menyampaikan materi sehingga pembelajaran menjadi lebih seru.

Nggak sabar pengen bergabung dengan kelas yang ada di Jagobahasa? Yuk, kepoin program-program di Jagobahasa sekarang. Buat gap yearmu penuh pengalaman seru dan bermanfaat bersama Jagobahasa!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *