Logo Jagobahasa

Kuliah Sambil Bekerja Di Australia? Emang Bisa?

Kuliah sambil bekerja di Australia

Kuliah di Australia sambil bekerja adalah sebuah langkah yang sangat bagus untuk masa depan. Sebab sebagian besar generasi muda Indonesia menginginkan kehidupan yang baik ketika berada di negeri Kanguru.

Selain Itu, karena Australia dikenal sebagai negara dengan peringkat perguruan tinggi terbaik dan sangat sempurna. Apalagi pemerintah Australia sangat mengizinkan bagi para mahasiswa untuk kuliah sambil bekerja.

Asyiknya bersekolah di Australia adalah aman bagi para mahasiswa internasional untuk melakukan kerja paruh dan kerja tanpa batas ketika masa liburan kuliah.

Nah, Apakah Anda berminat untuk kuliah sambil bekerja di Australia? Jika iya, inilah beberapa tips untuk kerja part time. Segera simak penjelasan berikut ini

Tips Kuliah Sambil Bekerja di Australia

Australia merupakan negara ramah bagi para mahasiswa lintas negara. Dengan demikian, sangat recomended bagi mahasiswa internasional untuk memilih negara ini untuk dijadikan tujuan kuliah. Sebab pemerintah sangat gencar dalam melejitkan kualitas di bidang pendidikan, apalagi lingkungan ini pun sangat dinamis, sportif dan sangat welcome para pendatang baru.

Inilah mengapa banyak pelajar internasional yang sangat nyaman dengan kehidupan di negeri kanguru, yaitu mereka dapat kuliah sambil bekerja di Australia. Perlu Anda ketahui, para mahasiswa yang sudah lulus dapat bekerja dengan menggunakan post study visa, sangat menyenangkan bukan?

Dengan adanya kesempatan ini,akan sangat menguntungkan bagi para pelajar internasional untuk memiliki pegangan. Selain itu, aktivitas kerja paruh waktu dapat menambah pengalaman kerja Anda pada dunia industri.

Nah, agar Anda siap untuk menghadapi kuliah sambil bekerja terdapat tips supaya tetap semangat.

1. Sesuaikan Pekerjaan dengan Bidang Studi

Jika Anda adalah mahasiswa pada jurusan pendidikan, maka sebaiknya pilih yang berhubungan dengan pendidikan. Sebagai contoh menjadi guru pendamping di sekolah TK atau Sd. Dengan aktivitas yang sama,maka akan sangat membantu dalam ilmu dan pengalaman kerja.

Ilmu yang telah Anda terima ketika kuliah dapat Anda terapkan pada dunia kerja dan begitu juga sebaliknya. Dengan begitu Anda akan mudah dalam mengatasi pekerjaan dan dapat menguasai materi yang telah diberikan oleh dosen.

2. Menerapkan Disiplin 

Kunci dalam kuliah sambil bekerja di Australia adalah disiplin waktu, dengan Anda tidak menunda tugas kuliah. Jika mendapatkan tugas segera selesaikan ketika memiliki waktu senggang atau mencicil pekerjaan tersebut.

Dengan begitu, ketika Anda sedang bekerja tidak akan terganggu dengan tugas kuliah karena sudah terselesaikan. Seorang yang bekerja paruh waktu harus dapat membagi waktunya dengan sangat baik agar tidak merasa kelelahan dan tetap fokus pada pekerjaan dan kuliah.

Bahkan jika Anda punya waktu sisa, maka dapat evaluasi kuliah dengan sangat baik. Nah, apakah Anda sudah siap untuk melakukan aktivitas yang sangat melelahkan tersebut?

3. Mengoptimalkan Waktu Senggang

Kuliah sambil bekerja di Australia tentu bisa saja, asalkan Anda dapat membagi waktu dan tentunya jaga kondisi agar selalu fit. Sebab melakukan dua aktivitas tersebut sangat melelahkan dan menguras seluruh energi.

Nikmatilah waktu Anda untuk beristirahat agar kondisi tubuh selalu sehat ketika kuliah maupun kerja. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berolahraga agar tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi segar kembali.

Pastikan pula pola hidup sehat harus Anda terapkan, contohnya konsumsi sayur, buah dan juga vitamin. Sebab kedua hal tersebut sangat melelahkan,ketika Anda tidak dapat mengelola waktu.

Peraturan kuliah sambil bekerja di Australia

Untuk para pelajar internasional tetap mendapatkan batasan kerja sambil kuliah di Australia. Mereka diizinkan kerja paruh waktu, yaitu selama 40 jam selama dua minggu, dengan gaji yang diperoleh adalah AUD 10 hingga AUD 20 setiap jamnya.

Lebih enaknya lagi para pelajar internasional dapat memilih kerja full time atau freelance pada saat sedang berlibur. Bahkan untuk mereka yang sudah lulus dapat bekerja di Australia selama dua tahun.

Inilah beberapa poin penting bagi para pelajar internasional yang menginginkan kerja paruh waktu, yaitu sebagai berikut:

  • Para pelajar internasional harus memiliki visa pelajar valid dengan ketentuan bekerja selama 20 jam selama satu minggu.
  • Pelajar akan mendapatkan jam tanpa batasan ketika sedang libur kuliah.
  • Pelajar harus belajar dengan konsisten sesuai dengan aturan pemerintah.
  • Anda dapat bekerja di bagian nirlaba namun tidak dibayar secara full, namun hanya sebagian.
  • Pelajar internasional yang kuliah sambil bekerja di Australia harus mempunyai overseas student health cover.

Nah, bagaimana apakah Anda sudah mengerti peraturan yang telah diterapkan oleh pemerintah Australia?

Jika sudah mengerti, selanjutnya membahas mengenai berapa besaran upah yang akan diterima pelajar yang bekerja paruh waktu tersebut?

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Kuliah ke Australia

Ketika ingin kuliah keluar negeri terdapat beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Anda dapat melakukan persiapan tersebut sejak awal sebelum berangkat. Lantas apa sajakah yang harus pelajar persiapkan?

1. Mencari Tahu Kota Yang Akan Dituju 

Anda dapat mengecek lingkungan yang akan ditinggali, apakah tempat kuliah tersebut berdekatan dengan pusat kota dan pusat perbelanjaan.  Dengan begitu Anda dapat kuliah sambil bekerja di Australia jika fasilitas sangat memudahkan Anda.

Cukup dengan menggunakan google, maka semua dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui seluk beluk negara Australia, gaya hidup dan budayanya.

Selanjutnya Anda juga harus mempersiapkan dana lebih, jika Anda berada di Sydney dan Melbourne, sebab termasuk dalam kota termahal di Australia.

2. Persiapkan Visa 

Segera mengajukan visa, sebab untuk kuliah sambil bekerja di Australia. Dengan demikian, Anda harus persiapkan dana lebih dalam pembuatan visa.

Walaupun dalam pembuatannya dapat dilakukan secara online tetapi prosedurnya cukup lama. Visa yang Anda pakai adalah visa untuk tinggal dalam beberapa waktu, dengan begitu persiapkan dokumen secara komplit.

3. Mengatur Akomodasi 

Mengatur akomodasi adalah salah satu yang sangat penting bagi Anda. Terdapat berbagai jenis akomodasi yang sangat terjangkau, seperti homestay, persewaan pribadi dan wisma.

Pilihlah akomodasi yang sesuai dengan budget Anda dan tentukan juga lokasinya. nah,bagaimana apakah Anda sudah memiliki pandangan untuk kuliah sambil bekerja di Australia?

4. Pelajar Internasional Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Pastikan juga Anda sudah memiliki asuransi kesehatan untuk mahasiswa, yaitu OSHC. daftarlah sesuai dengan budget dan paket dengan yang telah Anda inginkan. Asuransi sangat penting jika suatu ketika Anda sedang mengalami musibah, maka akan tercover oleh asuransi.

5. Fasih dan Menguasai Bahasa Asing

Agar Anda dapat berkuliah keluar negeri, maka wajib menguasai bahasa asing, yaitu bahasa inggris. dengan menguasainya dapat berkuliah di luar negeri, oleh sebab itu, persiapkan diri untuk mengikuti program toefl, apabila belum bisa.

Namun, jika sudah menguasainya cukup dengan berlatih agar lancar dan fasih dalam berbicara bahasa inggris dengan baik dan benar. Sebab persyaratan diterima kuliah sambil bekerja di Australia  adalah berbahasa inggris dengan baik.

6. Harus Mempunyai Skor IELTS Baik

Negara Australia dalam kesehariannya menggunakan bahasa inggris, oleh sebab itu para pelajar internasional harus lolos ielts dengan sangat baik. Setidaknya harus mendapatkan skor minimal enam dan maksimal adalah 9.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai kuliah sambil bekerja di Australia yang perlu Anda ketahui. Jika Anda berminat untuk berkuliah di negeri kangguru ini, maka terdapat beberapa hal yang harus mulai dipersiapkan, salah satunya adalah keahlian berbahasa Inggris. 

Salah satu syarat lolos kuliah di luar negeri adalah kita bisa menunjukkan bukti bahwa kita memiliki kemampuan bahasa Inggris sesuai standar, itulah yang mengharuskan kita mengikuti tes TOEFL/IELTS. 

Agar semakin percaya diri, yuk persiapkan dirimu bareng Jago Bahasa. Programnya siap bantu kamu raih kesempatan emas tersebut!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan