Logo Jagobahasa

Home » blog

2 Jenis tes IELTS: Penjelasan Lengkap!

Ternyata Ada Dua Tipe Tes IELTS Loh Gengs, Apa Aja Sih

Di dalam tes IELTS sendiri terdapat dua jenis tes IELTS. Sebelum itu mari berkenalan dulu apa tes IELTS.  International English Language Testing System (IELTS) adalah sistem untuk menguji kemampuan bahasa Inggris internasional terpopuler di tingkat internasional untuk kebutuhan studi, bekerja, dan kependudukan (imigrasi).

Dalam ujian tersebut, peserta akan mengerjakan soal yang telah dikembangkan tim ahli internasional. Selama menghadapi tes IELTS, kamu harus mengerjakan soal-soal yang menguji empat keterampilan yaitu listening, reading, writing, dan speaking.

Apa yang membuat IELTS berbeda dengan tes lainnya adalah peserta akan berada di ruang tenang, tidak ada kebisingan apapun untuk menguji keterampilan berbahasa.

Tes IELTS dibuat dengan riset matang, tujuannya agar tes berjalan adil dan tidak ada unsur keberpihakan dalam hal latar belakang, jenis kelamin, kebangsaan, tempat, ataupun gaya hidup.

Tipe-tipe Tes IELTS

Tipe tes IELTS terbagi menjadi 2, yaitu IELTS academic dan general training. Berikut ini penjelasannya.

IELTS Academic

Apabila saat ini, kamu berencana melanjutkan studi atau daftar pendidikan profesional di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, maka kamu perlu mempersiapkan diri menghadapi tes IELTS Akademik.

Tes tersebut akan menilai kemampuan berbahasa Inggris di level akademik. Sehingga, dapat membantu menentukan apakah kamu sudah siap belajar pada tingkat sarjana maupun pascasarjana atau bekerja pada lingkungan profesional. Misalnya dengan menjadi pengacara, guru, dokter, atau perawat.

Tes tersebut juga menguji kecakapan Bahasa Inggris di bagian listening, reading, speaking, dan writing. Tes Listening dan Speaking untuk IELTS Academic sama seperti tes IELTS General Training. Hanya saja pada sesi Reading dan Writing, kedua jenis tes ini berbeda.

Ketika kamu memilih mengambil tes IELTS untuk ujian daftar ke universitas, akan menguntungkan karena membuat kamu jadi terbiasa menghadapi format tes. Sehingga, akan lebih siap menghadapi tes IELTS untuk registrasi profesi.

IELTS General Training

Jenis IELTS General Training diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin daftar pendidikan sekolah menengah, pendidikan profesional atau pengalaman kerja. Imigrasi ke Selandia Baru, Inggris, Australia, dan Kanada.

Level skor IELTS juga telah ditetapkan untuk prasyarat mengajukan Permanent Residency pemerintah di banyak negara jika dibandingkan dengan tes bahasa inggris lainnya.

Kamu bisa ikut tes IELTS Academic ataupun IELTS General Training, bergantung pada syarat pendaftaran perguruan tinggi kamu ataupun rencana apa saja di masa depan yang kamu miliki.

Kalau kamu punya rencana belajar atau tinggal di Inggris Raya, maka tes yang harus kamu ambil yaitu IELTS yang telah mendapatkan persetujuan dari otoritas Visa dan Imigrasi Inggris Raya, yaitu IELTS UKVI.

Tes IELTS banyak menjadi pilihan karena ribuan akademi dan universitas terkemuka di berbagai belahan dunia menerima hasil IELTS sebagai bukti penilaian kemahiran berbahasa Inggris.

Badan registrasi profesi pada berbagai sektor di seluruh dunia juga menerima hasil IELTS, termasuk badan profesi teknik, hukum, akuntansi, keperawatan, kedokteran, farmasi, pendidikan, dan keguruan.

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu tes IELTS Academic dan General Training. Keduanya punya konteks berbeda. Gunakan tes IELTS General Training apabila harus memenuhi syarat bahasa ketika ingin bekerja atau tinggal di negara yang menggunakan Bahasa Inggris seperti Australia atau Inggris Raya, sedangkan tes IELTS Academic adalah pilihan tepat ketika kamu ingin daftar kuliah di universitas luar negeri.

Persamaannya, kedua jenis tes tersebut sama-sama memberikan soal untuk menguji kemampuan mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara.

Berniat tes IELTS  tapi masih ragu atau takut gagal? Yuk lebih matangkan persiapanmu bersama Jagobahasa. Di sini kamu akan mendapatkan materi dan latihan soal yang sesuai, sehingga kamu bisa capai skor yang maksimal!

Tunggu apa lagi, yuk gabung di IELTS Preparation dari Jagobahasa sekarang!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo