Mau Interview Pakai Bahasa Inggris? Begini Contoh Pertanyaan dan Persiapanya!

Hadapi Interview Kerja pakai Bahasa Inggris dengan cara ini

Wawancara kerja adalah kesempatan bagi kamu untuk memperkenalkan dirimu dan keahlianmu kepada perusahaan tempat kamu melamar. Beberapa perusahaan menggunakan bahasa Inggris dalam interview kerja mereka.

Artikel ini akan mengulas beberapa cara agar kamu bisa sukses melakukan interview kerja pakai bahasa Inggris.

Mengapa Ada Interview Kerja dalam Bahasa Inggris?

Wawancara kerja dalam bahasa Indonesia saja sudah cukup menegangkan apalagi dalam bahasa Inggris. Sebenarnya mengapa sih ada perusahaan yang memakai bahasa Inggris dalam merekrut karyawan mereka?

Itu karena mereka ingin mengetes seberapa mahir para kandidat dalam menggunakan bahasa Inggris.

  • Banyak istilah bisnis memakai bahasa Inggris

Disadari atau tidak, banyak kata dalam bahasa Inggris yang sering dipakai dalam berbisnis di Indonesia, misal “customer”, “sold out”, “refund”, “branding”, “cash flow”, “budget”, “cost”, dan sebagainya. Untuk itu, bisa berbahasa Inggris membantumu memahami percakapan tentang bisnis dengan lebih mudah.

Meskipun kamu melamar ke perusahaan lokal dan posisi yang dilamar tidak begitu membutuhkan bahasa Inggris, kamu tetap membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang paling dasar.

  • Bahasa Inggris adalah bahasa bisnis internasional

Banyak kontrak bisnis yang ditulis dalam bahasa Inggris. Deskripsi produk pun kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris.

Selain itu, bahasa Inggris sangat dibutuhkan ketika berurusan dengan klien internasional. Itulah mengapa beberapa perusahaan ingin tahu tingkat kemampuan bahasa Inggris calon karyawan mereka melalui wawancara kerja berbahasa Inggris.

Contoh Pertanyaan Interview dalam Bahasa Inggris

Hal yang bisa kamu lakukan agar wawancara kerja berjalan lancar adalah dengan menyiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanya saat interview.

READ  Contoh Surat Lamaran Training Hotel dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dalam interview kerja berbahasa Inggris:

  • Tell us about yourself.
  • What are your strengths and weaknesses?
  • Why did you leave your last job?
  • Why do you want to work for this company?
  • Why are you applying for this position?
  • How did you hear about this position?
  • What do you know about our company?
  • Why are you the best person for the job?
  • Where do you see yourself in five years?
  • Tell me about your greatest professional achievements.
  • How do you deal with stressful situations?
  • What are your salary expectations?
  • Do you have any questions for us?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sangat umum ditanyakan, pewawancara berharap kamu menjawabnya dengan mengalir tanpa keraguan. Oleh karena itu, kamu benar-benar harus mempersiapkan dengan baik jawabannya.

Lakukan Latihan Interview Kerja Bahasa Inggris dengan Temanmu

Setelah menyiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu bisa langsung mulai berlatih wawancara. Kamu memang bisa berlatih sendiri dengan bantuan cermin, tetapi akan lebih baik jika kamu berlatih bersama teman. Itu karena teman bisa melihat langsung apa kesalahanmu dan mengoreksinya.

Agar suasana latihan terasa seperti suasana wawancara asli, kamu bisa meminta teman untuk berpakaian layaknya pewawancara. Tidak hanya itu, kamu juga bisa meminta mereka untuk bertindak seperti pewawancara.

Jangan lupa untuk meminta pendapat temanmu tentang apa yang harus kamu perbaiki dan tingkatkan agar wawancara kerja nanti sukses. Ketika berlatih bersama teman, pastikan juga kamu melatih ekspresi wajah dan body gesture kamu.

Ekspresi wajah dan gerakan tubuh tidak kalah pentingnya dengan cara berbicara dan gaya bahasamu ketika melakukan wawancara.

READ  Inilah Pentingnya Bahasa Inggris untuk Karir Jangka Panjangmu!

Hindari Perasaan Grogi atau Minder, Latihlah Kepercayaan Dirimu!

Sungguh wajar jika kamu merasa nervous ketika wawancara kerja. Nah, untuk mengurangi perasaan gugup dan minder, kamu bisa melatih kepercayaan dirimu. Ikutilah tip-tip ini agar kamu bisa lebih tenang dan pede:

  • Tanamkan pola pikir positif

Rasa grogi bisa muncul karena kamu banyak memikirkan ketakutan. Kamu takut salah, takut gagal, takut ditertawakan, padahal belum tentu itu akan terjadi. Semua itu hanya ada di dalam pikiranmu.

Oleh sebab itu, kurangilah pikiran negatif dan tanamkanlah pikiran positif. Katakan hal-hal baik pada dirimu, niscaya kamu akan lebih percaya diri dan kecemasan berangsur-angsur akan hilang.

  • Atur pernapasan

Ketika gugup, cobalah untuk ambil napas yang panjang lalu buang secara perlahan. Mengatur pernapasan sudah terbukti secara ilmiah bisa mengurangi rasa deg-degan.

  • Berdoa

Jika kamu pemeluk agama, berdoalah kepada Tuhanmu. Berdoa bisa membuatmu lebih tenang dan menaikkan kepercayaan dirimu.

Siapkan Interview Kamu dengan Program ESP Jago Bahasa

Jika mempersiapkan sendiri interview kerja masih belum cukup, kamu bisa latihan interview di Jago Bahasa. Jagobahasa adalah lembaga kursus bahasa Inggris online dan offline yang menyediakan program ESP (English Specific Purpose).

Melalui program ESP ini, kamu akan belajar cara menjawab wawancara kerja berbahasa Inggris dengan baik. Dibimbing oleh tutor yang mumpuni di bidangnya, kamu akan berlatih secara intensif dengan metode unggulan Jago Bahasa.

Buat dirimu makin Peraya diri di depan Interviewer denga mengikuti  program ESP sekarang juga!

Share:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menggunakan metode yang dirancang secara khusus, kini kamu bisa lebih mudah belajar Bahasa Inggris diwaktu dan tempat ternyamanmu

Ikuti Kami

©2023 JagoBahasa.com. All Rights Reserved PT Jago Bahasa Inspira

Scroll to Top