Logo Jagobahasa

Tidak Hanya Untuk Beasiswa, IELTS Digunakan Untuk Bekerja Juga!

Tak Hanya untuk Beasiswa, IELTS juga Bisa Digunakan untuk Bekerja!

Siapa yang tidak mengenal IELTS saat ini, keberadaannya bisa memberikan pengaruh besar di kehidupan kita. IELTS atau International English Language Testing System merupakan salah satu test bahasa Inggris yang paling umum dan paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Pada umumnya, penggunaan IELTS ini untuk siswa yang memang ingin melanjutkan studinya ke universitas yang ada di luar negeri dengan minimal score yang harus dicapai adalah 6,0 hingga 7,0 untuk peminat program pascasarjana. Nilai tersebut juga kembali lagi kepada universitas dan jenjang pendidikan yang akan ditempuh.

Namun selain digunakan sebagai salah satu syarat melanjutkan pendidikan ke luar negeri, ternyata IELTS juga bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan. Pasti Anda semakin penasaran, seberapa besar dampak dari kita mempunyai score International English Language Testing System ini.

Pengertian dan Format Test IELTS

Saat ini IELTS atau International English Language Testing System adalah sebuah ujian bahasa Inggris yang hingga saat ini semakin diakui dalam tingkat Internasional. Secara umum memang test ini digunakan untuk menilai kemampuan dalam bahasa Inggris untuk orang yang akan bekerja atau melanjutkan studi di lingkungan dengan berbahasa Inggris.

Untuk bisa menganalisa kemampuan peserta yang mengikuti testnya, maka IELTS sendiri mempunyai format test yang harus dilalui di mana format tersebut terdiri dari empat sesi, yaitu:

  1. Listening section, untuk menguji kemampuan pendengaran Bahasa Inggris dari peserta. Sesi ini peserta akan diperdengarkan empat rekaman yang berbeda dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Sesi ini memang diisi oleh penutur asli bahasa Inggris dan sesi listening akan diputar selama 30 menit.
  2. Reading section, sesi ini akan menguji peserta dalam keterampilan membaca. Dalam sesi ini akan tersedia 40 soal yang harus dijawab sesuai dengan jawaban yang tepat. Pada sesi ini, peserta diminta dengan baik membaca inti, ide utama, detail, dan argumen logis dari sebuah tulisan serta bisa mencari tahu sikap, pendapat dan niatan dari penulisnya. Durasi yang akan berjalan untuk sesi ini kurang lebih 60 menit.
  3. Writing section, sesi ini akan menguji peserta dalam kemampuan menulis Bahasa Inggris. Sesi ini akan disediakan 2 essay yang berbeda dan harus dijawab. Untuk sesi ini, peserta akan diberi waktu 60 menit sesuai dengan tingkat kesulitannya.
  4. Speaking section, terakhir adalah pengujian dalam kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Sesi ini peserta akan berhadapan langsung dengan penutur asli Bahasa Inggris dan diminta menjawab pertanyaan yang diajukan dari penutur.

Sekilas sesi ini memang menakutkan, tetapi jika Anda sudah yakin dengan kemampuan Anda terlebih sudah banyak kosakata yang dimiliki maka sesi ini bisa lebih mudah dilewati.

Setelah keempat sesi tersebut terlewati, maka peserta akan mendapatkan hasil test dalam bentuk rentang angka 1 hingga 9. Semakin besar angka yang diperoleh maka semakin besar nilai peserta dalam ujian tersebut.

Tabel band score tes IELTS

Manfaat IELTS untuk Bekerja 

Setidaknya selain tujuan kita mendapatkan nilai tersebut untuk melanjutkan pendidikan, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa kita gunakan untuk bidang pekerjaan, diantaranya yaitu:

1. Dapat membuka peluang lebih besar dalam dunia pekerjaan di luar negeri.

Saat Anda mempelajari International English Language Testing System maka Anda bisa menambah pengalaman dan mengasah skill bahasa Inggris Anda. Dengan adanya bukti IELTS biasanya Anda akan dianggap sebagai nilai tambahan dalam pengalaman pekerjaan, sehingga peluang diterima Anda semakin besar. Umumnya mereka yang mempunyai nilai ini akan dianggap mampu melewati satu tantangan yaitu dalam hal komunikasi sehingga dianggap cukup baik tanpa ada hambatan dalam berkomunikasi.

2. Membantu dalam berkomunikasi, terutama selama negosiasi

Dapat membantu kemampuan dalam mempelajari structure dan grammar yang baik dan benar sehingga bisa menghasilkan atau membuat kalimat yang tepat. Tentu saja kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam komunikasi bisnis, terlebih untuk masalah negosiasi dan presentasi.

3. Dapat memperlancar percakapan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Tentu saja, orang akan lebih mudah melakukan percakapan bahasa Inggris jika sudah melatih dirinya dengan sungguh-sungguh.

IELTS tidak hanya melatih Anda dalam menyusun structure dan grammar saja, melainkan Anda juga akan dibiasakan untuk mendengar percakapan dengan mode bahasa Inggris. Dengan begitu, telinga bisa lebih terlatih dalam segi listening dan tanpa Anda sadari, Anda bisa lebih paham dan mengerti setiap kata yang diucapkan.

Jika diterapkan dalam dunia kerja, tentunya telinga kita harus mampu menerima informasi yang diucapkan dalam bahasa Inggris sehingga kita bisa melakukan komunikasi dua arah dengan orang yang diajak bicara.

Negara Mana Saja yang Membutuhkan IELTS Untuk Bekerja

Setiap negara mempunyai nilai minimal IELTS yang harus dipenuhi, berikut daftar negara yang membutuhkan IELTS untuk syarat bekerja ataupun studi yaitu:

  1. Australia, Negara yang menjadi tempat cikal bakal berdirinya IELTS ini sudah pasti diwajibkan mempunyai bukti telah mengikutinya. Dengan persyaratan yang harus dimiliki yaitu skor band minimal 5.5 untuk setiap modul.
  2. Selandia Baru, untuk bisa masuk dan bekerja di negara ini maka Anda harus mempunyai skor baik dalam versi Academic ataupun General Training, dimana skor band yang harus Anda miliki tidak boleh kurang dari 5.5.
  3. Amerika Serikat, untuk bisa masuk ke negara yang super power ini maka Anda harus mempunyai skor minimal antara 6.0 hingga 7.0.
  4. Kanada, IELTS sudah diakui oleh CIC atau Citizenship and Immigration Canada. Untuk Anda yang ingin bekerja di negara ini Anda membutuhkan skor minimal 6.0.
  5. Inggris, negara ini juga sudah mengakui IELTS dimana ketentuan untuk mereka yang akan bekerja di sana setidaknya mendapatkan skor 6.5 hingga 7.0.
  6. Irlandia, untuk bisa bekerja dan masuk ke Irlandia maka Anda harus mempunyai nilai minimal 6.5.

Itulah beberapa negara yang mewajibkan Anda mempunyai bukti IELTS sebagai bukti kemampuan Anda dalam dunia bahasa Inggris. Untuk Anda yang ingin bekerja di negara tersebut, maka wajib sekali Anda belajar IELTS agar bisa mendapatkan nilai minimal hingga nilai terbaiknya.

Persiapkan Sejak Dini dengan Program IELTS di Jagobahasa

Masih merasa kurang dengan kemampuan bahasa Inggris Anda? Tenang saja, tidak perlu risau! Jagobahasa bisa membantu Anda memberikan materi dan mengajarkan Anda terkait modul-modul yang dibutuhkan sebelum melakukan test IELTS.

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan