Logo Jagobahasa

Home » blog

Coba Cek Ini! Rekomendasi Sumber Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD

Sumber Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD yang Ampuh & Efektif

Bangku sekolah dasar (SD) menjadi fase pendidikan terpenting bagi setiap anak. Pasalnya, masa inilah yang menentukan setiap anak untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi. Nah, untuk kalian yang menjadi guru maupun wali murid SD sangat penting untuk mengetahui berbagai sumber belajar untuk materi Bahasa Inggris.

Mengapa demikian?

Sebab sekarang ini, bahasa Inggris sudah menjadi bahasa kedua yang wajib dikuasai setelah bahasa Indonesia jika memang ingin bersaing dan sukses di dunia kerja saat nanti sudah dewasa. Hanya saja masalahnya, banyak kasus yang terjadi dimana ketika seseorang sudah dewasa masih kesulitan berbahasa Inggris karena pada saat SD mereka tidak menemukan sumber ataupun metode pembelajaran yang tepat.

Akibatnya hal ini menimbulkan mental block pada orang tersebut bahwa belajar bahasa Inggris itu susah. Padahal andai saja sejak SD para guru bisa mengajarkan bahasa Inggris dengan asyik dan menggunakan sumber ataupun metode yang tepat.

Sumber Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Jadi gimana, sudah penasaran dengan sumber belajar apa saja yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris?

1. Buku

Sumber belajar untuk pembelajaran Bahasa Inggris di SD yang pertama adalah buku. Walaupun media pembelajaran melalui buku sudah digunakan dalam belajar mengajar sejak berabad-abad lamanya.

Namun sumber belajar yang satu ini sepertinya memang tidak akan pernah tergantikan sampai kapanpun juga. Hal ini dikarenakan materi yang ada di dalam buku biasanya lebih komprehensif dibandingkan sumber yang lainnya.

Hanya saja tentunya buku yang digunakan dalam belajar bahasa Inggris untuk anak SD pun harus dipilih dengan mempertimbangkan beberapa hal. Pasalnya jika buku yang dipilih tidak tepat maka bukannya membuat anak-anak ketagihan untuk belajar, justru mereka malah menghindarinya karena dirasa sumber belajarnya dalam tanda kutip terkesan menyeramkan.

Nah saat akan memilih buku sebagai sumber belajar bahasa Inggris untuk anak SD, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Pastikan isi bukunya tidak full berisi teks saja. Melainkan harus disertai berbagai gambar ilustrasi.
  2. Pilih buku yang ada sesi latihannya di setiap akhir bab sudah selesai. Ini akan melatih si kecil untuk menguji pemahaman.
  3. Usahakan tidak menggunakan buku yang tebal. Sebab hal ini bisa membuat anak malas untuk belajar. Lebih baik pilih buku yang tidak terlalu tebal yang terdiri dari beberapa jilid.

2. Komik Anak-Anak

Komik merupakan sumber belajar untuk pembelajaran Bahasa Inggris di SD selanjutnya yang bisa parents pilih. Terlebih lagi jika memang anak tipikal pembelajar yang senang membaca.

Maka komik ini adalah pilihan tepat setelah buku yang bisa dijadikan pilihan. Apalagi isi dari komik anak-anak ini pasti disertai dengan berbagai gambar visual yang menarik sehingga imajinasi si kecil akan menjadi lebih hidup.

Dibandingkan dengan buku, tentu saja komik akan jauh lebih menarik bagi si kecil. Hanya saja kedua sumber belajar tersebut memang memiliki tujuannya masing-masing.

Jika buku biasanya dijadikan sumber rujukan untuk belajar secara terstruktur karena materinya yang lengkap, maka komik ini bisa dijadikan selingan karena biasanya isinya berupa cerita yang membuat pembacanya penasaran.

Beberapa komik yang mungkin bisa jadi referensi parents untuk diberikan kepada si kecil adalah sebagai berikut:

  1. Asterix dan Obelix
  2. Nedroid
  3. Hunter x Hunter
  4. Riche Rich
  5. Moonbeard

3. Video

Selain buku dan juga komik, sumber belajar untuk pembelajaran bahasa Inggris di SD lainnya yang bisa dipilih adalah video. Dengan menonton berbagai video, anak biasanya akan lebih memahami materi bahasa inggris yang sedang dipelajari. Salah satunya melalui video animasi berikut ini.

Selain buku dan juga komik, sumber belajar untuk pembelajaran Bahasa Inggris di SD lainnya yang bisa dipilih adalah video. Dengan menonton berbagai video, anak biasanya akan lebih memahami materi bahasa inggris yang sedang dipelajari.

Jika anak parents termasuk salah satunya yang lebih senang dengan tontonan daripada bacaan, maka sediakanlah berbagai kaset pembelajaran bahasa inggris yang bisa ditonton oleh si kecil. Atau cara mudah lainnya yaitu dengan menonton YouTube.

Saat ini banyak sekali channel YouTube yang mengajarkan bahasa Inggris untuk anak-anak dengan cara yang menarik. Beberapa channel yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  1. JagoBahasa
  2. Super Simple Song
  3. Make Make Genius
  4. English With Lucy
  5. BBC Learn English
  6. Baby TV

4. Aplikasi

Aplikasi juga bisa menjadi alternatif untuk menjadi sumber belajar bahasa inggris anak anak, untuk para teachers dan parents berikut ini daftar aplikasi yang dapat membantu belajar anak,

  1. Duolingo
  2. Quiz your English
  3. British Council
  4. 6000 Words
  5. Beelingu
  6. HelloTalk
  7. Grammarly
  8. BBC Learning English

5. Komunikasi Sehari-hari dalam Kelas

Belajar bahasa Inggris  tanpa pernah dipraktekkan tentu tidak akan efektif, bahkan justru akan mudah lupa. Oleh karena itu salah satu hal yang bisa dilakukan agar kemampuan berbahasa Inggris si kecil bisa meningkat yaitu dengan mempraktekkannya dalam berbicara atau berkomunikasi sehari-hari.

Percaya deh, cara ini bisa menjadi sumber belajar untuk pembelajaran Bahasa Inggris di SD yang ampuh dan juga efektif. Jika buah hati parent adalah tipe orang yang pemalu sehingga tidak mau berkomunikasi berbahasa inggris dengan temannya di sekolah.

Mungkin parents bisa memancing atau mengajaknya untuk berbincang dan berkomunikasi di rumah menggunakan bahasa Inggris. Selain akan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris si kecil, cara ini juga akan mampu meningkatkan percaya diri anak parents untuk tidak takut saat akan berbicara bahasa Inggris.

6. Musik Anak-Anak Bahasa Inggris

Sumber belajar untuk pembelajaran Bahasa Inggris di SD yang terakhir adalah musik. Ya, bagaimana pun juga anak-anak SD akan senang jika belajar sambil bernyanyi.

Biasanya lirik lagu bahasa Inggris yang dinyanyikan akan mudah diingat dan selalu terngiang-ngiang di telinga. Selain akan menambah kosakata atau vocabulary, belajar bahasa Inggris sambil bernyanyi juga bisa mengasah pronunciation atau pengucapan.

Ada banyak sekali musik yang bisa dipilih untuk menemani anak dalam belajar bahasa Inggris. Namun beberapa musik atau lagu yang direkomendasikan untuk bisa jadi bahan pembelajaran anak-anak SD diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Twinkle Twinkle Little Star
  2. You Are My Sunshine
  3. Do-re-Mi Song
  4. Baby Shark

Nah itu dia sumber belajar untuk pembelajaran Bahasa Inggris di SD yang penting sekali untuk kamu ketahui. Terlebih lagi jika kamu saat ini menjadi guru Sekolah Dasar ataupun bagi parents yang memiliki anak di usia tersebut. Idealnya memang kelima sumber yang sudah dijelaskan di atas itu divariasikan agar anak-anak juga tidak bosan dan jenuh selama proses pembelajaran.

Oh iya, di Jago Bahasa juga ada lho program khusus anak-anak. Kepoin yuk English Whizz Kids!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo