Logo Jagobahasa

Materi Les Bahasa Inggris Anak SD

Kumpulan Materi les bahasa Inggris anak SD

Jaman sekarang, kita sudah tidak asing lagi melihat anak-anak yang mahir berbahasa Inggris. Kita mungkin sering melihat anak-anak kecil di pusat perbelajaan, sekolah, atau lingkungan kita yang percaya diri menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi ke orang tuanya.

Untuk anak-anak tingkat sekolah dasar, tentunya mereka sudah ada kurikulum mempelajari bahasa Inggris di kelas mereka. Namun, ada juga anak-anak yang sudah mahir berbahasa Inggris di luar apa yang mereka pelajari di sekolah. Ini bisa berasal dari pembelajaran di rumah, atau bisa juga dari pembelajaran tambahan dari kursus bahasa Inggris untuk anak yang diadakan oleh lembaga tertentu.

Nah, apa saja manfaat kita mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak kita dari kecil?

Seperti apa bentuk materi yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak kita? Mari kita simak artikel berikut ini!

Manfaat Belajar Bahasa Inggris Anak SD

Beberapa orang tua mungkin belum sadar akan pentingnya bahasa Inggris untuk dipelajari anak sejak kecil, sehingga mereka mempertanyakan manfaat apa yang bisa diperoleh.

Sebenarnya manfaatnya justru sangat banyak dan akan terus berlanjut hingga anak menjadi dewasa di kemudian hari lho!

Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari mengajarkan si kecil bahasa Inggris dari awal bisa dilihat sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Si Kecil

Dengan belajar bahasa Inggris sejak kecil, anak akan terpicu untuk berpikir lebih kritis. Mereka juga bisa berlatih memahami penggunaan kata dan kalimat. Hal ini juga akan peningkatan kemampuan kognitif. Sekaligus menunjang proses pembelajaran dan perkembangan mereka untuk ke depannya.

2. Meningkatkan Kemampuan Otak Seperti Memori dan Konsentrasi

Saat mempelajari bahasa Inggris, anak akan belajar vocabulary baru. Belajar kosa kata baru dapat mengasah kemampuan mengingat anak dan melatih konsentrasinya. Hal ini bisa bermanfaat saat si anak mempelajari materi yang berbeda atau bahkan saat si anak ingin mempelajari bahasa asing lainnya

3. Menunjang Akademisi Anak

Pengetahuan bahasa Inggris yang dipelajari anak bisa menunjang performa mereka untuk lebih unggul di sekolah. Pelajaran bahasa Inggris yang diberikan di sekolah bukan lagi hal sulit bagi anak. Sebab mereka telah terbiasa belajar menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

4. Meningkatkan Kreativitas Anak

Ada berbagai hal di bahasa Inggris yang bisa memicu kreativitas anak. Mengenal bahasa lain akan memperkenalkan mereka dengan konsep baru. Mereka bisa menjelajahi topik dan media berbahasa Inggris yang kemudian akan membuat si kecil menjadi lebih imajinatif.

Materi Les Bahasa Inggris SD yang Dipelajari

Untuk kebutuhan les bahasa Inggris usia SD, berbagai materi yang akan dipelajari adalah sebagai berikut:

Vocabulary

Vocabulary atau kosakata merupakan hal pertama yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris. Menguasai kosakata sebanyak-banyaknya merupakan dasar yang paling penting untuk menguasai bahasa asing tersebut.

Ada ribuan hingga jutaan kosa kata berbeda yang memiliki jenis-jenis berbeda, seperti kata benda, kata sifat, kata kerja, dan lainnya. Kata ganti juga merupakan vocabulary yang mendasar untuk dipelajari. Sebagai contoh, kata ganti seperti pronoun “he, she, it” merupakan materi dasar untuk anak.

Pada tingkat anak SD, yang pertama dipentingkan adalah mengenal vocabulary yang akan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di sini mereka mempelajari cara pemakaiannya dalam bentuk kalimat atau percakapan dan juga dalam konteks yang berbeda-beda.

Grammar

Grammar menjadi salah satu materi yang cukup sulit, namun perlu dipelajari secara bertahap. Materi grammar untuk anak SD, harus dibuat semudah mungkin dengan contoh yang banyak.

Perkenalkan anak dengan struktur kalimat yang mudah dipahami dan dengan topik yang mudah dicerna. Contoh sederhana seperti:

  • “I play basketball with my father”
  • “Can i borrow your pencil?”

Kalimat-kalimat sederhana lebih mudah diingat anak.

Grammar merupakan hal yang lebih mudah dipahami dengan lebih banyak berlatih, sehingga untuk mengasahnya harus diperbanyak jenis kalimat baru dan contoh-contohnya. Jangan takut bila si anak melakukan kesalahan, karena dari kesalahan justru si anak akan memahami cara pemakaiannya yang benar.

Di Mana Anak Bisa Mendapatkan Bimbel Bahasa Inggris?

Tidak semua orang tua memiliki waktu yang cukup untuk mengajari anaknya. Apalagi untuk  materi bahasa Inggris yang tentu saja perlu waktu lama dan proses yang bertahap.

Untungnya, Jagobahasa menawarkan program khusus untuk anak tingkat SD yang bisa dijadikan tambahan pembelajaran bahasa. Program English For Kids dari JagoBahasa diperuntukkan untuk anak mulai dari usia 6 hingga 14 tahun yang ingin belajar bahasa Inggris.

Program ini menggunakan metode yang menyenangkan untuk mendorong anak percaya diri dan aktif berbicara dalam bahasa Inggris bersama teman sebayanya. Terlebih lagi, pengajar Jago Bahasa adalah guru-guru kompeten dan native speaker yang bisa memberikan pengalaman terbaik belajar bahasa Inggris untuk anak.

Biaya kursus bahasa Inggris di Jagobahasa juga cukup terjangkau mulai dari 299.000 ribu rupiah saja. Yuk daftarkan anak bunda di program English For Kids dari Jagobahasa sekarang juga!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan