Logo Jagobahasa

Home » blog

Kunci Sukses Belajar Bahasa Inggris di Rumah dengan Mudah

Kunci Sukses Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Belajar bahasa Inggris tidak harus selalu di dalam kelas, tetapi kamu bisa mempelajarinya secara otodidak di rumah. Apalagi adanya kemajuan zaman seperti saat ini mengakibatkan kemudahan akses internet, terutama untuk mempelajari bahasa Inggris. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mempelajari bahasa Inggris di rumah.

Jika kesulitan belajar bahasa Inggris di rumah, kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

Cara Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Berikut ini kunci sukses yang bisa kamu terapkan agar belajar bahasa Inggris di rumah berjalan efektif:

1. Tentukan Target dan Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Menentukan target dan tujuan belajar bahasa Inggris adalah hal pertama yang harus kamu lakukan ketika berencana untuk belajar sendiri di rumah.

Adanya target akan membantu kamu terus termotivasi belajar bahasa Inggris. Tidak hanya itu, memiliki goal yang spesifik bisa membantu kamu memantau seberapa jauh perkembangan bahasa Inggrismu. Kamu juga bisa lebih terarah jika kamu punya target.

Apabila kamu tidak yakin apa targetmu, kamu bisa menetapkannya dengan mengetahui kelemahanmu. Misalnya saja kamu belum cakap dalam membedakan penggunaan past simple dan past perfect, maka targetmu adalah mempelajari kedua tenses tersebut sampai kamu bisa menerapkannya dengan benar. Sebaiknya kamu fokus pada satu target saja supaya tidak kewalahan.

Kamu bisa memilih target lain setelah target kamu saat ini tercapai. Selain itu, kamu juga harus menentukan deadline atau tenggat waktu kapan target harus tercapai. Deadline bisa mendorongmu untuk terus fokus.

Ingatlah jangan patah semangat apabila tujuanmu tidak tercapai ketika masa tenggat berakhir. Kamu selalu bisa mengatur deadline baru untuk mewujudkan tujuan kamu.

2. Atur Durasi dan Jadwal Belajar Bahasa Inggris Secara Teratur

Sama halnya dengan belajar di kelas, belajar bahasa Inggris di rumah juga harus dengan durasi dan jadwal. Dengan adanya durasi dan jadwal belajar, kamu akan bisa lebih konsisten menjalankan kegiatan belajar mandiri ini.

Salah satu keuntungan belajar di rumah adalah kamu bisa mengatur sendiri durasi dan jadwal belajar sesukamu. Kamu juga bisa menentukan materi belajar apa yang akan kamu gunakan ketika belajar nanti.

Meskipun demikian, pastikan kamu menjalankannya dengan disiplin dan teratur agar target belajarmu bisa tercapai dan usaha belajarmu tidak sia-sia. Pastikan juga kamu mengatur jadwal belajar sesuai dengan target belajar kamu. Contohnya, target kamu adalah mendapatkan skor TOEFL di atas 500, maka kamu bisa menata kapan sesi belajar writing, kapan sesi belajar listening, dan sebagainya.

3. Perbanyak Tontonan dan Bacaan Berbahasa Inggris

Media tertulis seperti buku dan artikel sudah biasa menjadi materi belajar bahasa Inggris. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk melibatkan media video sebagai bahan belajar bahasa Inggris kamu di rumah.

Media tersebut bisa berupa film, acara TV, atau video pendek. Saat waktu luang pun cobalah untuk memperbanyak tontonan dan bacaan berbahasa Inggris. Tontonan dan bacaan berbahasa Inggris bisa membantu kamu untuk terbiasa dengan teks bahasa Inggris.

Di samping itu, jenis tontonan dan bacaan ini bisa memperkaya perbendaharaan kosakatamu. Kamu juga bisa melatih kemampuan listening, speaking, dan reading-mu dengan melihat film dan membaca buku berbahasa Inggris.

4. Biar Tetap Semangat, Ajak Teman untuk Belajar Bersama

Belajar sendiri memang tidak menjadi persoalan, tetapi belajar berkelompok akan lebih mengasyikkan. Jika kamu punya teman yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris juga, ajaklah mereka untuk belajar bersamamu.

Keuntungan belajar bahasa Inggris di rumah bersama teman:

  • Kegiatan belajar tidak akan suntuk karena di tengah kegiatan kamu dan temanmu bisa saling bercanda
  • Ketika belajar sendiri, kamu akan lebih mudah tergoda untuk berhenti belajar di tengah sesi.

Jika ada teman, energi temanmu bisa membawamu kembali untuk melanjutkan belajar

  • Kamu bisa bertanya kepada mereka ketika ada materi yang belum kamu pahami
  • Teman bisa membantu melatih kemampuan speaking dan listening-mu dengan cara berbincang bahasa Inggris denganmu
  • Teman bisa mengoreksi kesalahan yang tidak kamu sadari ketika kamu belajar sendiri
  • Kamu bisa meminta masukan mereka akan hal-hal apa yang harus kamu tingkatkan dan perbaiki agar kemampuan bahasa Inggrismu berkembang
  • Kamu dan teman bisa saling berbagi materi belajar
  • Kamu bisa mendapat perspektif baru yang mungkin bisa membantu mengasah bahasa Inggrismu

Susah Fokus? Coba Program Belajar Bahasa Inggris di Jagobahasa

Jika kamu sudah melakukan hal-hal di atas tetapi masih tetap tidak bisa fokus, mungkin belajar mandiri di rumah memang tidak cocok untukmu. Salah satu solusinya adalah kamu bisa mencoba program belajar bahasa Inggris di Jagobahasa.

Jagobahasa adalah tempat kursus bahasa Inggris online dan offline yang menawarkan berbagai program belajar bahasa Inggris. Berikut adalah program-program kelas yang ada di Jagobahasa:

Kamu ingin tahu lebih lanjut tentang program-program ini? Cari tahu lebih lanjut program-program tersebut di website JagoBahasaatau daftar sekarang melalui CS kami!

Kamu Ingin Merasakan Serunya Belajar di Jagobahasa?

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo